Monday, December 11, 2017
Home > Health > Yuk Berolahraga untuk Hidup yang Lebih Sehat

Yuk Berolahraga untuk Hidup yang Lebih Sehat

Berolahraga untuk Hidup yang Lebih Sehat

Sebagian besar dari anda tentu pernah mendengar istilah “di balik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, tampaknya slogan itu bukan sekedar kata-kata untuk menyemangati orang-orang yang malas berolahraga namun lebih dari itu. Lembaga kesehatan dunia yakni WHO pernah menyampaikan bahwa salah satu penyakit yang membunuh manusia paling cepat adalah penyakit jantung, namun penyebab penyakit jantung itulah yang perlu kita cermati. Tanda-tanda seseorang mengidap penyakit jantung biasanya dimulai dengan sesak napas yang kemudian dilanjutkan dengan nyeri pada bagian dada, ditambah rasa lemas dan pusing. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung menghantui nyawa anda, dan artikel ini akan membahasnya secara lebih luas.

Beberapa hal yang dapat menjadi faktor utama menyebabkan penyakit jantung antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Merokok

Selain dapat menyebabkan penyakit paru-paru, merokok ternyata dapat pula menjadi penyebab sakit jantung, kandungan racun dalam rokok dipercaya akan mengganggu aliran darah dalam tubuh yang berimbas pada sulitnya jantung memompa darah. Mulailah mengurangi konsumsi rokok anda jika anda perokok aktif, dan sebisa mungkin hindarilah para perokok apabila anda perokok pasif.

  1. Diabetes

Penyakit diabetes sendiri sudah cukup disebut sebagai penyakit berat, dan imbas dari mengidap penyakit diabetes adalah komplikasi, yang salah satunya merupakan penyakit jantung. Hal ini terjadi lantaran sulitnya luka untuk cepat pulih sehingga lagi-lagi kinerja jantung terganggu karena hal itu.

  1. Kolesterol tinggi

Masih seputar darah, kolesterol yang terkandung dalam darah lama kelamaan mengendap dan akhirnya menyumbat aliran darah dari maupun menuju jantung, ujung-ujungnya tentu saja sama seperti penyebab lainnya yakni terganggunya kinerja jantung. Kolesterol umumnya disebabkan pola makan yang jorok dan cenderung tidak sehat, maka mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kolesterol.

  1. Tekanan darah tinggi

Lagi-lagi terkait darah, tekanan darah yang tinggi sudah barang tentu membuat kerja jantung semakin berat, dimana jantung memompa darah ke seluruh tubuh lebih cepat dari semestinya. Istirahatlah yang cukup serta kendalikan diri anda dari stres, karena stres merupakan pemicu utama sesorang mengidap darah tinggi.

  1. Obesitas

Berbeda dengan penyebab sakit jantung lainnya yang terkait secara langsung dengan darah, obesitas mengakibatkan terhimpitnya jantung, sehingga tugas jantung untuk memompa darah menjadi terhambat.

Kebiasaan hidup sehat mutlak harus mulai anda biasakan agar terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit-penyakit yang sangat membahayakan dan masuk ke dalam daftar penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian seperti sakit jantung ini. Salah satu cara termudah adalah mulai biasakan diri berolah raga, tidak perlu pergi ke tempat fitness atau membeli alat-alat olah raga yang mahal dan bermacam-macam, cukup lari-lari kecil beberapa menit sehari di sekira rumah anda. Dengan niat dan tekad yang kuat maka niscaya penyakit jantung akan jauh dari hidup anda.