Monday, December 11, 2017
Home > Lifestyle > Top 3 Universitas IT Terbaik Di Indonesia, Mana Pilihamu?

Top 3 Universitas IT Terbaik Di Indonesia, Mana Pilihamu?

Universitas Gajah Mada

Tak banyak universitas IT terbaik di tanah air. Meski dimikian bukan berarti tidak ada. Bahkan beberapa universitas yang memiliki jurusan IT, dinilai lebih baik ketimbang beberapa universitas IT di luar negeri. Sebab beberapa universitas tersebut masuk sebagai 100 universitas terbaik di dunia.

Jurusan IT menjadi salah satu jurusan paling diminati akhir-akhir ini. Maklum saja, prospek pekerjaan dalam dunia IT sangat banyak sekali. Bahkan hampir seluruh perusahaan sekarang ini membutuhkan tenaga IT. Apalagi di masa depan, prospek lulusan IT sangat banyak dibutuhkan.

Universitas IT Terbaik di Indonesia

Pilihanya pun beragam, jika tidak ingin masuk dan bergabung dengan sebuah perusahaan, lulusan jurusan IT bisa membangun pekerjaan sendiri. Toh, saat ini ada beragam jenis pekerjaan yang bisa dirintis oleh lulusan IT dan menghasilkan uang yang cukup banyak dengan waktu relatif singkat. Maka univeristas dengan jurusan IT di tanah air pasti banjir peminat. Nah, mana saja universitas IT yang terbaik di Indonesia?

  1. Universitas Gajah Mada

Pilihan pertama tentu saja Jurusan IT di Universitas Gajah Mada yang berada di bawah bagian dari Fakultas Teknik. Jurusan IT UGM ini masuk dalam prodi Teknologi Informasi. Nah, mendengar nama UGM saja sepertinya sudah tak perlu diragukan bahwa jurusan IT nya adalah jurusan terbaik di tanah air. Universitasnya saja adalah universitas terbaik di Indonesia, bahkan di dunia masuk dalam jajaran 100 besar universitas terbaik di dunia.

Untuk jurusan IT yang ada di prodi Teknologi Informasi, kamu busa memilih tiga peminatan. Yaitu: Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Sistem Komputer, dan Rekayasa Sistem Informasi. Tapi sebelum memilih tiga peminatan itu, kamu harus terlebih dahulu menyelesaikan 11 SKS terlebih dahulu.

Institut Teknologi Bandung

  1. Institut Teknologi Bandung

Nama kedua yang bisa jadi pilihan kamu adalah Jurusan IT yang ada Institut Teknologi Bandung. Jurusan ini tergabung dalam Sekolah Teknologi dan Informatika (STEI-ITB) sejak tahun 2006. Sebagai universitas yang konsen dalam bidang teknologi, kurikulum yang diterapkan pada jurusan inipun sangan oke sekali. Sangat cocok untuk bersaing ketika mencari pekerjaan kelak setelah lulus. Jika kamu ingin kesini, kamu bisa memilih antara Jurusan S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem dan Teknologi Informasi. Tak hanya sampai disini, kalau kamu ingin melanjutkan ke jenjang S2 dan Doktor, di ITB juga ada. Khususnya jurusan bidang Elektro dan Informatika, yang juga tergabung di STEI-ITB.

  1. Universitas Indonesia

Jangan kira bahwa universitas yang satu ini hanya konsen dan terbaik dalam bidang politik, hukum dan ekonomi saja. Universitas Indonesia juga punya jurusan IT yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Meski kalau kamu ingin ke jurusan S1 Teknik Komputer, kamu akan berada di Fakultas Teknik. Untuk bidang yang bisa kamu pilih adalah fokus pada ilmu komputer dan berfokus pada Sistem informasi.

Jelas jika kamu mampu masuk dan kuliah di sini, kamu akan memperoleh banyak soft skill. Selain itu, kamu juga akan dapat nilai gengsi. Jadi kamu tak perlu takut untuk tidak mampu bersaing di dunia kerja kelak setelah lulus.

Sebagai alternatif, kamu bisa juga memilih Universitas Bina Nusantara atau Institut Sepuluh November dan juga beberapa universitas IT terbaik lainya. Yang pasti jurusan memang menentukan, tapi usaha kamu dalam kulian jauh lebih menentukan.