Monday, November 19, 2018
Home > Lifestyle > Tips Memilih Model Baju Batik Kombinasi yang Tepat Agar Tetap Terlihat Modis

Tips Memilih Model Baju Batik Kombinasi yang Tepat Agar Tetap Terlihat Modis

Tips Memilih Model Baju Batik Kombinasi

Batik sebagai warisan dari leluhur memang patut untuk dilestarikan oleh generasi saat ini dan selanjutnya. Sebagai salah satu warisan budaya yang telah diakui oleh dunia, batik memang menawarkan sejuta pesona. Batik di Indonesia memiliki banyak motif yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Kreasi batik pun juga mulai mengalami peningkatan. Tidak hanya untuk industri kerajinan saja, industri fashion juga semakin menunjukkan eksistensinya lewat berbagai busana dari batik. Banyak saat ini model baju batik kombinasi yang awalnya diperkenalkan oleh para designer, seiring perkembangan zaman menarik minat banyak kalangan terutama kaum wanita.

Jika dahulu baju batik terkesan monoton hanya dengan satu motif saja, tidak untuk sekarang. Banyak model-model baju batik yang telah dikreasikan dengan bahan lain untuk menciptakan busana batik yang menarik dan terkesan modis serta modern. Untuk memilih baju batik kombinasi ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, diantaranya adalah:

1. Memilih motif batik berdasarkan ukuran tubuh.

Motif yang sesuai akan menentukan tampilan baju pada si pemakai. Jika Anda memiliki tubuh berukuran besar, pilihlah baju batik kombinasi yang memiliki motif geometris berukuran sedang dengan kain berbahan polos dengan warna gelap. Bisa juga dengan mengkombinasikan antara motif geometris berukuran besar dengan yang berukuran kecil sehingga di proporsi tubuh Anda akan lebih sesuai. Jika Anda memiliki bentuk tubuh yang kecil, pada padan baju batik kombinasi antara motif geometris sedang dengan kain polos berwarna cerah bisa Anda lakukan.

2. Memilih bahan baju batik yang sesuai.

Model baju batik kombinasi saat ini banyak di jual di pasaran baik di butik maupun toko online dengan pilihan yang sangat beragam. Ada baiknya sebelum membeli Anda menyesuaikan dengan jenis bahan yang diinginkan. Untuk acara ke pesta, bahan baju batik dari kain sutera ataupun satin akan memberi kesan elegan dan mewah. Namun beda halnya jika Anda menggunakan baju batik kombinasi untuk kegiatan santai atau hangout, maka pilihan baju batik dari bahan katun akan lebih nyaman dikenakan karena kainnya lebih sejuk dan mudah menyerap keringat.

3. Jenis keperluan yang akan dihadiri.

Memilih baju batik kombinasi bisa Anda perhatikan terlebih dahulu jenis acara yang akan dihadiri. Untuk acara kasual, sebaiknya Anda menggunakan kombinasi bahan kain polos dengan batik bermotif flora atau fauna dengan warna yang cerah. Modelnya pun bisa Anda pilih yang lebih simple dengan sedikit aksen aksesoris. Untuk pilihan kainnya bisa Anda pilih yang berbahan katun karena sangat cocok untuk aktivitas yang perlu tenaga yang energik. Sedangkan untuk acara formal atau resmi seperti pesta, Anda bisa memilih baju batik kombinasi dengan desain yang lebih beragam dengan kain yang berkualitas tinggi seperti sutera, satin, atau katun. Motif yang bisa Anda pilih adalah motif geometris dengan warna gelap atau warna pastel. Jika acara resmi untuk busana kantor, Anda bisa memilih busana batik kombinasi dengan desain yang simple namun berkesan tegas. Jika diperlukan bisa ditambahkan detail atraktif yang berkesan minimalis, seperti saku, tai pinggang, ataupun ploy.

4. Memilih yang membuat nyaman.

Model baju batik kombinasi sebagus apapun jika tidak nyaman untuk Anda kenakan tentu akan mempengaruhi penampilan. Jika Anda menggunakannya untuk busana kerja, tentu akan sangat mempengaruhi kelancaran kerja Anda. Untuk itu ada baiknya Anda memilih yang kiranya nyaman untuk Anda pakai, sehingga kepercayadirian Anda akan lebih terpancar.