Thursday, October 1, 2020
Home > Family > Terapkan 6 Rutinitas Sehat Ini agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

Terapkan 6 Rutinitas Sehat Ini agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

Terapkan 6 Rutinitas Sehat Ini agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

Sistem imunitas atau kekebalan tubuh haruslah dijaga agar tetap optimal dan stabil. Bagi anak-anak yang kekebalan tubuhnya masih rentan, diharapkan selalu menerapkan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh anak kuat. Berbagai rutinitas sehat di bawah ini dapat menjaga kesehatan tubuh si kecil dan mendukung tumbuh kembangnya. Anak juga akan terhindar dari bibit penyakit.

  1. Menjaga Pola Makan Sehat dan Bergizi Seimbang

Asupan sehat untuk si kecil harus dipenuhi setiap harinya. Sesuaikan porsi dan jenis asupan dengan usianya. Anak harus diberi makanan sehat yang terjamin kebersihan dan kadar gizinya. Berikan makanan dari bahan yang layak dan diolah dengan cara higienis. Pastikan perlengkapan makannya juga bersih.

Untuk kadar gizinya, berilah makanan empat sehat lima sempurna dengan gizi seimbang. Jangan lupa memberinya sumber karbohidrat, zat besi, protein, vitamin, dan mineral. Untuk susu formula yang berfungsi sebagai pelengkap gizi, berikan susu sesuai usianya dan pastikan kualitasnya. Dengan cara ini, kebutuhan nutrisi anak terpenuhi dan sistem imunnya meningkat.

  1. Mengoptimalkan Konsumsi Air Putih

Selain harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, si kecil harus memperhatikan asupan cairan. Poin ini sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, maka proses metabolisme menjadi lancar. Semua itu akan mendukung kestabilan sistem kekebalan tubuh yang mampu melawan virus atau bakteri.

  1. Istirahat Cukup

Waktu istirahat anak juga harus diperhatikan mengingat sistem kekebalan tubuhnya yang masih rentan. Kondisi kesehatannya akan optimal jika pola istirahatnya teratur yaitu tidur selama 8-10 jam setiap harinya. Upayakan agar anak bisa tidur nyenyak dan rileks. Kualitas tidur yang terjamin ini akan mengoptimalkan sistem imun sekaligus tumbuh kembangnya.

  1. Rutin Berolahraga

Kegiatan berolahraga secara rutin harus dibiasakan sejak dini. Anak-anak harus rajin berolahraga untuk menyehatkan tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan optimal jika terdapat pergerakan tubuh yang aktif. Tubuh yang sehat dan kuat akan mampu menangkal serangan bibit penyakit. Sel-sel di dalam tubuh menjadi sehat.

  1. Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Menjaga kebersihan juga sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem imun. Hal ini dikarenakan berbagai sumber penyakit dapat diminimalisir. Anda bisa mengajarkan anak untuk selalu mencuci tangan setelah menyentuh benda kotor, saat akan makan atau minum, dan saat akan tidur.

Kebersihan rumah dan tempat di sekitarnya juga harus rutin dibersihkan agar menghilangkan debu, bakteri, ataupun virus penyebab penyakit. Dengan lingkungan yang bersih, sistem kekebalan tubuh akan terkondisi.

  1. Menjauhkan dari Polusi dan Asap Rokok

Polusi dan asap rokok adalah dua sumber zat yang berbahaya bagi tubuh. Untuk menguatkan sistem imun si kecil, Anda perlu menjauhkan si kecil dari asap rokok dan polusi berupa asap kendaraan bermotor ataupun asap pabrik. Dengan demikian, sistem pernapasan si kecil tidak akan terganggu. Sistem metabolisme tubuh juga stabil, sehingga tidak mengganggu imunitasnya.

Berbagai cara di atas sangat perlu dilakukan agar daya tahan tubuh anak kuat. Anda perlu mengajak dan memberi contoh kepada si kecil mengenai pola hidup sehat. Jangan pernah lelah untuk memantau setiap hal yang berkaitan dengannya agar kesehatannya terjaga.