Sunday, November 17, 2019
Home > Health > Sebelum ke Dokter, Coba Obat Sakit Gigi Alami Berikut Ini Dulu!

Sebelum ke Dokter, Coba Obat Sakit Gigi Alami Berikut Ini Dulu!

Sebelum ke Dokter, Coba Obat Sakit Gigi Alami Berikut Ini Dulu!

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit gigi, setidaknya sekali seumur hidup. Rasa sakit yang luar biasa tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman, terlebih saat makan. Namun, sebelum ke dokter gigi, beberapa obat sakit gigi alami berikut ini bisa Anda gunakan untuk meredakan rasa sakit.

Garam

Ketika sakit gigi menyerang, umumnya dokter gigi belum bisa melakukan tindakan lebih lanjut. Oleh sebab itu, guna meredakan rasa sakit yang mengganggu, Anda bisa menggunakan garam untuk meredakan nyeri secara cepat dan ampuh. Garam mampu mengurangi peradangan dan menyerap kelembapan pada area mulut, sehingga bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

Anda bisa menggunakan garam untuk berkumur dengan cara melarutkan ½ sdt ke dalam segelas air hangat (240 ml). Konsentrasikan kumur pada area yang sakit beberapa saat, lalu buang bekas air kumur. Anda juga bisa sikat gigi dan flossing terlebih dahulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip pada gigi agar hasilnya lebih maksimal.

Kompres dengan Es

Cara lain yang cukup ampuh untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan melakukan pengompresan dengan es. Masukan beberapa bongkah es dalam plastik atau kain, lalu tempelkan pada bagian pipi yang terasa sakit atau langsung pada permukaan gigi yang sakit. Hal ini akan membuat saraf gigi menjadi kebas, akibatnya rasa sakit akan hilang seketika.

Ada trik lain yang menarik untuk mengatasi masalah ini yang bisa Anda coba dengan menggunakan es. Caranya, Pijat area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk sambil melakukan pengompresan. Area tersebut terdapat saraf sensitif terhadap rangsangan “dingin”, akibatnya rasa sakit pada gigi akan kalah dan teralihkan.

Bawang Mentah

Bawang merah ataupun bawang putih merupakan obat sakit gigi alami yang cukup ampuh mengatasi sakit gigi. Kandungan antimikroba pada bawang mampu membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus meredakan rasa nyeri. Cara paling efektif untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan mengunyah bawang secara langsung.

Cara ini bisa Anda lakukan jika memang rasa sakit tidak terlalu hebat. Kunyahlah di bagian gigi yang sakit, bawang yang terkoyak akan mengeluarkan senyawa allicin, yang mampu membunuh bakteri. Jika tidak bisa mengunyah langsung, Anda bisa menggunakan irisan bawang, lalu tempelkan pada bagian yang terasa sakit.

Minyak Cengkeh

Sejak dahulu minyak cengkeh sudah digunakan untuk mengobati sakit gigi. Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol, yang merupakan anestesi alami. Eugenol bekerja dengan cara mematikan atau melemahkan saraf sementara, sehingga rasa sakit akan hilang. cara menggunakannya, teteskan minyak cengkeh pada kapas dan tempelkan pada bagian yang sakit.

Itulah beberapa obat sakit gigi alami yang cukup ampuh meredakan nyeri sebelum ke dokter. Cara di atas hanyalah pengobatan sementara, jika sakit belum hilang dalam beberapa hari segeralah konsultasikan ke dokter. Informasi menarik lainnya seputar kesehatan, gaya hidup, parenting, kehamilan serta ibu dan anak bisa Anda baca di laman parenting.orami.co.id.