Home > Health > Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

tidur adalah hal yang vital yang sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari untuk memulihkan tenaga kita setelah bekerja seharian. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita tidur yaitu posisi tidur. Hal ini dikarenakan posisi tidur kita menentukan keadaan kesehatan tubuh kita. Berikut akan dijelaskan tentang beberapa posisi tidur yang baik bagi kesehatan.

Tidur terlentang

Tidur terlentang adalah posisi tidur yang baik bagi kesehatan jika kita memiliki sedikit gangguan kesehatan pada tulang belakang kita. Kebiasaan tidur terlentang ini dapat membantu mencegah sakit pada punggung dan juga leher. Biasanya, tidur dengan posisi terlentang tanpa menggunakan bantal bisa membantu memperlancar jalannya pernafasan. Selain itu posisi tidur terlentang juga baik untuk menjaga kecantikan pada wanita. Hal ini disebabkan karena posisi wajah kita menghadap keatas sehingga otot-otot pada wajah kita tetap terjaga kekencangannya.

Tidur miring

Tidur miring juga bisa membantu mengurangi ketegangan pada punggung kita. Tidur dengan posisi miring, khususnya kekanan dapat membantu menjaga jantung kita agar tetap sehat. Selain itu juga bisa membantu menjaga sistem pencernaan. Tidur dengan posisi miring ke kanan ini juga sangat dianjurkan dalam agama islam karena beberapa manfaat yang ditimbulkan pada tubuh. Untuk menjaga kestabilan keadaan tubuh kita, makan dianjurkan untuk memakai bantal karena selain sebagai bantalan kepala kita juga bisa menjaga posisi tidur kita dalam keadaan stabil. Dengan tidur miring kekanan maka organ-organ dalam tubuh kita akan bekerja dengan baik dan juga normal. Berbeda saat tidur miring ke kiri karena akan membebani jantung kita.

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

Tidur tengkurap

Untuk posisi yang satu ini, kita tidak boleh sering melakukannya saat kita tidur karena tidur dengan posisi ini sangat membebani sendi-sendi tubuh kita dan juga otot yang akan mengakibatkan kram atau nyeri. Tidur dengan posisi tengkurap juga sangat membebani jantung saat sedang mempompa. Akan tetapi bagi yang suka mendengkur, posisi tidur ini baik bagi kesehatan dan sangat dianjurkan oleh dokter karena dapat membuka saluran pernapasan.
Deskripsi : posisi tidur yang baik bagi kesehatan adalah posisi dimana tubuh kita tidak merasa terbebani sehingga kita bisa lebih rileks saat bangun tidur. Posisi miring juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kita.