Wednesday, August 21, 2019
Home > Health > Penyebab Mata Anak Belekan dan Langkah Mengatasinya

Penyebab Mata Anak Belekan dan Langkah Mengatasinya

Penyebab Mata Anak Belekan dan Langkah Mengatasinya

Mata anak belekan memang menjadi kasus gangguan kesehatan mata yang tidak jarang dialami. Terdapat berbagai faktor penyebab sakit mata tersebut. Gejalanya seperti mata merah, terdapat lendir, berair, dan terasa pedih. Sakit mata tersebut harus segera ditangani sebelum semakin parah. Segeralah periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Penyebab Mata Anak Belekan

Sakit mata belekan tentu saja disebabkan oleh berbagai hal. Anda harus mengetahui beberapa penyebab tersebut agar dapat mencegah sakit belekan pada anak di kemudian hari. Penyebab pertama mata belekan pada anak adalah alergi yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Untuk memastikannya, lakukan tes alergi. Umumnya, jenis alergi tersebut adalah alergi debu.

Faktor kedua yang menyebabkan belekan adalah infeksi sinus. Salah satu karakteristiknya adalah warna belekan berupa kuning kehijauan serta lengket. Belekan ini harus ditangani dengan baik lewat cara yang tepat sebelum semakin parah. Pernapasan anak juga tidak lancar karena infeksi sinus tersebut.

Belekan juga disebabkan bakteri atau virus. Kedua mikroorganisme ini membengkakkan lapisan bening mata yang menutup mata serta kelopak. Konjungtivitas oleh bakteri menyebabkan kotoran berwarna kehijauan atau kekuningan disertai mata kemerahan dan bengkak. Konjungtivitas karena virus belekan berwarna putih atau jernih di satu mata dan bisa menyebar ke mata lainnya.

Langkah Mengatasi Mata Anak yang Belekan

Mengalami mata merah yang terasa pedih dan berair tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketidaknyamanan yang dirasakan pada anak tentu saja membuatnya tidak bergairah melakukan apapun. Anda harus mengatasi mata anak belekan tersebut sesegera mungkin dengan langkah yang tepat. Mengembalikan kondisi mata seperti semula bisa dilakukan lewat cara tepat.

Penanganan terhadap belekan pada anak dapat dimulai dengan membersihkan mata yang mengeluarkan kotoran yang lengket dan akhirnya mongering. Cara membersihkan kotoran mata tersebut adalah membersihkannya dengan air hangat. Teteskan air hangat ke kapas, perban, atau kain lembut lainnya sampai basah. Lap bagian mata sampai bersih secara perlahan.

Cara tersebut sangat efektif membersihkan kotoran pada mata belekan agar tidak mengganggu penglihatan. Mata juga menjadi bersih dan rileks karena dilap dengan air hangat. Kotoran penyebab infeksi juga dapat dibersihkan dengan tuntas.

Penanganan berikutnya adalah menggunakan obat mata, baik berupa salep mata atau obat tetes mata. Gunakanlah obat yang sesuai dengan resep dokter yang diperoleh setelah melakukan pemeriksaan ke dokter. Gunakanlah obat tersebut sesuai saran pemakaian untuk anak. Obat tersebut umumnya adalah obat antibiotik untuk mata.

Cara menggunakannya juga harus dilakukan dengan tepat. Jika merupakan obat tetes, jangan sampai ujung obat mata tetes mengenai mata karena bisa menyebarkan saki belekan tersebut. Teteskan satu tetes saja ke bagian mata yang belekan. Lakukan ketika anak terjaga atau tidak tidur.

Jika obatnya berupa salep, bersihkan mata terlebih dahulu dengan kain lap yang lembut dan sudah dibasahi dengan air hangat. Setelah kotoran dibersihkan, oleskan secara perlahan dengan tangan yang steril di bagian dalam kelopak mata bawah. Untuk itu, jangan sampai lupa untuk membersihkan tangan dengan air bersih dan alkohol sebagai antiseptik.

Langkah penanganan yang berikutnya adalah kompres air hangat atau dingin. Lap hangat bisa dipakai untuk mengompres. Pilihlah kain yang lembut. Mengompres mata ini bertujuan untuk membersihkan nanah dan kotoran yang menempel pada mata. Hal ini juga membuat mata lebih nyaman karena rileks dan terasa lebih ringan karena kotoran bisa dikurangi dan dihilangkan.

Mata anak belekan memang harus segera ditangani dengan baik demi mempercepat proses penyembuhan mata seperti semula. Aktivitas anak juga akan kembali seperti semula jika belekan bisa segera sembuh. Kontrol ke dokter juga bisa dilakukan secara rutin untuk memastikan perkembangan dari proses penyembuhan mata belekan.