Thursday, December 12, 2019
Home > Health > Penting! Penjelasan Mengenai 8 Gejala Migrain Yang Menarik

Penting! Penjelasan Mengenai 8 Gejala Migrain Yang Menarik

Penting! Penjelasan Mengenai 8 Gejala Migrain Yang Menarik

Bersumber dari laman doktersehat.com, migrain ialah suatu sindrom neurologis yang memiliki ciri berupa presepsi tubuh yang berubah, mual, dan merasa sakit kepala parah. Adanya aktivitas fisik seseorang akan mengakibatkan rasa sakit migrain menjadi lebih intensif. Terutama pada perempuan yang mana memiliki peluang 3x lipat lebih besar daripada laki-laki. Di bawah ini ada 8 gejala migrain yang harus anda perhatikan dan waspadai sesuai laman health.detik.com.

  1. Nyeri Berdenyut di Kepala

Dilansir dari laman doktersehat.com, migrain terbagi menjadi dua golongan, yaitu migrain klasik dan migrain biasa. Tanda migrain klasik salah satunya ialah nyeri berdenyut pada kepala, baik salah satu ataupun kedua sisinya. Pada sebuah survei yang dikerjakan oleh National Headache Foundation dengan pasien migrain sebagai subjeknya menghasilkan sebanyak 34% pasien mengalami gejala tersebut adapun 50% pasien merasakan sakit berdenyut pada satu sisi kepala, dan sisanya menyebutkan penyebab lain.

  1. Nyeri Leher

Sebelum migrain, kebanyakan orang akan merasakan kaku pada lehernya hingga mengalami sakit kepala. Setelah itu pasien akan mengeluhkan rasa sakit berdenyut di bagian belakang leher. Sesuai dengan survei yang telah dilakukan oleh National Headache Foundation membuktikan sebanyak 31% pasien akan sering merasa sakit leher ketika migrain dan 38% pasien selalu mengeluhkan sakit leher.

  1. Muntah atau Mual

Analisis yang dilakukan oleh Prevalensi Migrain American National Headache Foundation and Prevention Study menghasilkan kesimpulan bahwa pasien migrain berhubungan dengan sakit lebih berat dan mual. Tak hanya itu, sebuah survei yang dilakukan oleh American Migraine Study II menyebutkan bahwa setidaknya ada 3.700 orang korespondensi menghasilkan 29% mengalami muntah dan 73% pasien mengalami mual.

  1. Perubahan Mood

Salah satu gejala migrain adalah adanya perubahan mood yang cepat pada seseorang. Baik itu mudah marah, kegembiraan yang berlebihan, bahkan depresi. Pasien migrain akan mudah tertekan bahkan merasa down tiba-tiba tanpa adanya alasan. Beberapa pasien juga ada yang merasa gembira berlebihan. Sesuai presentasi yang telah dilakukan dalam acara pertemunan tahunan American Academy of Neurology pada tahun 2010 menyimpulkan bahwa depresi berat atau sedang mampu membuat risiko migrain episodik hingga kronis meningkat.

  1. Waktu Tidur Yang Kurang Cukup

Penderita migrain akan sering kesulitan dalam tidur akibatnya apabila anda bangun tidur namun merasa lelah. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang menjelaskan bahwa ada hubungan antara intensitas migrain dan kurang tidur. Apabila seseorang mengalami migrain akan sulit mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Direktur medis dari Michigan Headache Clinic, East Lansing yaitu Edmund Messina, MD menyebutkan bahwa banyak orang yang mengalami insomnia akibat migrain. Oleh karena itu, usahakan kualitas tidur malam anda tetap baik supaya tidak terjadi migrain.

  1. Nyeri Pada Mata

Gejala migrain lainnya adalah nyeri pada mata. Apabila terjadi ketegangan pada mata akan membuat sakit migrain yang menyebar sampai belakang mata. Maka dari itu, seperti yang diucapkan oleh Dr. Messina yaitu banyak pasien yang akan memeriksakan masalah matanya. Namun ini tidak berefek pada migrain yang menjadi pulih kembali.

  1. Banyak Menguap

Jika anda sering menguap bisa jadi sedang akan mengalami migrain. Studi yang dimuat dalam Journal Cephalagia menyebutkan bahwa sebanyak 36% dari pasien migrain mengaku bahwa menguap menjadi pertanda awal akan migrain.

  1. Vertigo

Basilar Type Migrane merupakan tipe migrain yang menyebabkan seseorang mengalami penglihatan ganda, pusing, bahkan kehilangan penglihatan. Dalam beberapa kasus juga menyimpulkan bahwa ada masalah keseimbangan juga pada penderita. Dr. Calhoun dan rekannya menyebutkan adanya hubungan antara vertigo dan frekuensi migrain. Alhasil salah satu gejala migrain ialah vertigo.

Demikian penjelasan dan data-data yang menyebutkan gejala tersebut. Apabila anda mengalami beberapa gejala di atas, dapat anda konsultasikan dengan dokter. Atau anda dapat mengonsumsi obat sesuai anjuran dalam halodoc.com, yaitu mengonsumsi paracetamol (500-1000 mg/hari), sumatritan sebanyak 200 mg/hari, dan NSAID (Ibuprofen 400-2400 mg/hari).