Thursday, May 24, 2018
Home > Others > Panduan Lengkap Cara Daftar dan Bayar Pajak Online

Panduan Lengkap Cara Daftar dan Bayar Pajak Online

Panduan Lengkap Cara Daftar dan Bayar Pajak Online

Perkembangan dunia online sudah merangsek ke berbagai lini kehidupan di masyarakat. Berbagai bidang telah berkembang dengan menggunakan system ini. Salah satunya ialah dengan kehadiran sse pajak. Ini merupakan surat setoran elektronik yang diberlakukan mulai tahun 2016. Kemunculan nya akan memberikan kemudahan masyarakat dalam membayar pajak. Sebagai warga yang baik anda harus secara tertib melakukan pembayaran pajak. Pajak merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh warga Negara demi pembangunan bangsa. Surat setoran elektronik ini menjadi sebuah system pembayaran yang dilakukan secara online.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh ketika anda membayar pajak mengunakan system ini. Kalau anda belum paham dengan keuntungan dari sse ini. Maka inilah informasi terkait dengan keuntungan pembayaran pajak online yang bisa anda dapatkan. Sse merupakan aplikasi setoran pajak online dengan system menerbitkan ID billing. Jadi dalam pembayaran pajak anda hanya perlu menggunakan kode akun pajak (KAP) serta kode jenis setoran (KJS).

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan system ini. Pertama, SSE bisa memberikan anda kemudahan dalam membayar di mana saja. Anda tidak perlu lagi menggunakan cara konvensional atau tatap muka dalam membayar pajak. Bahkan anda tidak antri lama di kantor pajak ataupun bank. Sebab dengan kehadiran system ini anda bisa membayar pajak menggunakan cara online. Jadi anda bisa melakukannya di mana saja, yang dibutuhkan ialah melalui internet banking seta bisa pula dengan menggunakan ATM yang terdekat di sekitar anda. Anda biasa membawa surat yang banyak dan bertumpuk. Kalau dengan cara ini yang anda butuhkan hanyalah catatan yang isinya ID billing.

Manfaat kedua ialah proses yang bisa dilakukan dengan cepat. Transaksi membayar pajak menggunakan SSE bisa dilakukan dengan cepat. Hanya dalam waktu beberapa menit saja anda sudah bisa membayar pajak. Jadi anda tidak harus menunggu jam kerja operasional untuk melakukan pembayaran. Internet banking dan ATM bisa nada gunakan sewaktu-waktu sesuai dengan keinginan anda. Manfaat ketiga menggunakan system ini adalah minim kesalahan. Menggunakan system online akan lebih akurat dan bisa menghindarkan anda dari kesalahan dalam transaksi. Kesalahan input oleh teller yang kadang terjadi tidak akan lagi hadir.

Lalu, bagaimana langkah yang bisa dilakukan dalam membayar pajak online ini. Caranya sangatlah mudah. Anda hanya butuh akun saja agar bisa melakukan pembayaran. Silahkan melakukan pendaftaran pada situs sse.pajak.go.id. Mendaftar nya pun bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya diharuskan melakukan pengisian data pada form yang telah disediakan. Anda lengkapi mulai dari NPWP, nama, email, dan PIN. Baru kemudian kalau semuanya benar anda daftar dalan lakukan aktivasi akun tersebut melalui email. Aktivasi dilakukan dengan membuka email konvimasi aktivasi yang anda terima. Kemudian cukup dengan mengakses link tersebut anda sudah memiliki akun yang aktif.

Setelah melakukan akun, maka untuk memastikan bahwa akun anda telah aktif. Anda bisa melakukan login dengan mengisikan NPWP beserta pin yang telah dibuat tadi. Setelah itu anda lakukan sekarang anda bisa melakukan pembayaran pajak. Dalam pembayaran NPWP alamat dan nama anda sudah otomatis ada. Yang harus anda lengkapi ialah jenis pajak dan jenis setoran, masa dan tahun. Serta yang tidak boleh anda tinggalkan ialah jumlah setoran yang akan dibayarkan. Kalau semuanya sudah lengkap baru anda cetak ID billing dan lakukan pembayaran. Untuk cara detail mengenai pembayaran pajak online bisa anda dapatkan di modalkita.com.