Friday, August 7, 2020
Home > Health > Olahraga Untuk Ibu Hamil, Tetap Sehat Walaupun Sedang Hamil

Olahraga Untuk Ibu Hamil, Tetap Sehat Walaupun Sedang Hamil

Olahraga Untuk Ibu Hamil, Tetap Sehat Walaupun Sedang Hamil

Menjaga kesehatan tubuh anda ketika hamil memang menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan. Tidak hanya membantu menyehatkan tubuh anda, dengan olahraga maka bisa membantu menjaga janin anda agar tetap sehat. Walaupun demikian, anda juga harus memperhatikan jenis olahraga untuk ibu hamil yang bisa anda pilih.

Melakukan olahraga ketika sedang hamil, ternyata juga akan membantu anda untuk memudahkan proses melahirkan nantinya. Bukan hanya itu saja, dengan olahraga, maka juga akan menurunkan risiko untuk terkena komplikasi ketika hamil bahkan juga akan membantu anda meredakan rasa nyeri atau sakit pada area tubuh anda.

Daftar olahraga untuk ibu hamil

Walaupun olahraga ini sangat disarankan untuk ibu hamil, tetapi masih banyak ibu hamil yang belum mengetahui dengan baik jenis olahraga seperti apakah yang cocok untuk dipilih. Untuk anda yang bingung, berikut ini beberapa daftar olahraga untuk ibu hamil yang bisa anda pilih.

  1. Pilates

Jenis olahraga pertama yang recommended untuk dipilih oleh ibu hamil adalah pilates. Gerakan yang terdapat di dalam pilates ini ternyata akan sangat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri punggung ketika hamil. Hal ini bukan tanpa alasan karena pilates pun juga akan membantu untuk memperbaiki otot-otot tubuh anda dengan gerakan yang terdapat didalamnya.

  1. Yoga

Yoga pun menjadi olahraga yang bisa anda pilih untuk mendapatkan hidup yang sehat selama kehamilan. Jenis olahraga yang satu ini pun merupakan olahraga yang mudah untuk anda pahami. Anda juga bisa melakukan olahraga ini di rumah anda. Yoga sendiri bermanfaat untuk membangun keseimbangan dan kekuatan tubuh anda agar otot tetap lentur.

  1. Jogging

Jalan santai atau jogging pun menjadi olahraga lainnya yang bisa anda pilih. Jenis olahraga ini pun sangat mudah untuk anda lakukan. Anda bisa melakukan dimana saja termasuk melakukan jogging di jalanan kompleks rumah anda. Jogging ini pun juga akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda selama hamil.

  1. Berenang

Untuk otot ibu hamil yang terasa kaku, maka salah satu jenis olahraga yang bisa dipilih adalah dengan berenang. Ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari berenang seperti membuat otot anda semakin rileks dan akan memberikan rasa ketenangan tersendiri pada saat hamil. Anda bisa berenang selama 3 kali per minggu selama masa kehamilan.

  1. Senam aerobic

Senam aerobic sendiri menjadi jenis olahraga untuk ibu hamil yang bisa anda pilih lainnya. Jenis olahraga yang satu ini akan memberikan banyak manfaat seperti mampu meredakan peredaran darah anda, mampu meningkatkan kadar oksigen yang terdapat di dalam tubuh hingga membuat pernapasan semakin lancar.

Selain jenis olahraga yang ada diatas, masih ada jenis olahraga untuk ibu hamil yang bisa anda pilih seperti stretching, senam kegel dan lainnya. Untuk anda yang ingin memilih olahraga, sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter juga untuk memperoleh saran terbaik.