Monday, February 6, 2023
Home > Health > Mari Kenali Kanker Serviks dan Gejalanya!

Mari Kenali Kanker Serviks dan Gejalanya!

Mari Kenali Kanker Serviks dan Gejalanya!

Hai Ladies, pasti kamu pernah mendengar tentang Kanker Serviks? Kanker ini merupakan sebuah penyakit yang bersemayam di dinding rahim. Kanker leher rahim yang menimpa para wanita ditimbulkan akibat adanya virus.

Kanker Serviks Menular?

Ada yang mempertanyakan apakah Kanker Serviks menular? Maka jawabannya yakni tidak. Kanker ini tidaklah menular. Sebab sifat dari Serviks sama seperti kanker pada umumnya. Hanya saja yang menjadi pengingat bukanlah kanker dan gejalanya yang menular tetapi virus yang menjadi bibit dari kanker tersebut.

Kanker Serviks disebabkan oleh virus yakni HPV (Human Papillovirus). Menurut penelitian setidaknya 99% HPV menyangit di kalangan penderita akibat adanya kontak seksual. Virus HPV sangatlah berbahaya, jika seseorang mempunyai imunitas yang rendah, dan kerap melakukan kontak seksual maka akan sangat beresiko terpapar.

Virus HPV dapat menular pada seseorang yang melakukan hubungan seksual, seperti halnya ketika seseorang tersebut melakukan hubungan seksual secara anal dan vaginal. Penularan virus ini terkadang tidak begitu dirasakan oleh penderitanya, kecuali jika penderita sudah merasakan gejala yang cukup akut.

Gejala Kanker Serviks

Keputihan yang berlebihan

Keputihan memang bisa terjadi pada wanita. Cairan yang berwarna putih yang kadang terasa gatal. Pada penderita Kanker ini, maka keputihan ditandai dengan cairan putih yang keluar secara berlebih. Selain itu warna, testur, dan bau amat sangat berbeda dengan yang biasanya.

Sering Buang Air Kecil

Jika kita sehat, tentunya durasi untuk buang air kecil jarang atau  hanya seperluya saja. Berbeda pada seseorang yang mengalami gejala kanker leher rahim, dia akan lebih sering dalam buang air kecil, dan tidak bisa lagi menahan rasa ingin buang air kecil.

Semua ini terjadi karena sel-sel Kanker sudah mencapai di area kantung kemih. Namun tidak semua gejala buang air kecil adalah Kanker, bisa jadi pertanda terserang penyakit lain.

Keseringan Lelah

Penderita Kanker ini acapkali merasakan tubuhnya lemas atau lelah. Kelelahan yang mendera tubuh biasanya disebabkan karena kurangnya sel darah. Sehingga sekalipun dia sudah beristirahat atau makan, tubuh akan tetap merasa lelah.

Vagina yang mengalami Pendarahan

Penderita Kanker Serviks kebanyakan mengalami pendarahan pada area vital, berbeda denga nmenstruasi, pendarahan yang terjad tidak bisa diprediksi maupun terkontrol. Pendarahan bisa lebih banyak atau bahkan lebih sedikit daripada saat menstruasi, waktu terjadi juga sangatlah janggal. Seperti setelah kontak seksual, menopause, dan sebagainya.

Terasa nyeri saat kontak seksual

Penderita kanker ini akan merasakan nyeri saat berhubungan seksual, kebanyakan nyeri yang dirasakan terjadi di area panggul. Sehingga dengan adanya rasa nyeri tersebut, akan membuat kenyamanan dan gairah saat bercinta semakin berkurang.

Gejala lain yang menjadi pertanda kanker Serviks yaitu berat badan yang menurun secara drastis, sembelit, hilangnya nafsu makan, salah satu tungkai kaki mengalami pembengkakan.

Kanker leher rahim memanglah berbahaya, maka dari itu tidak ada salahnya Ladies untuk melakukan pencegahan. Demikian informasi seputar gejala dan Stadium Kanker.