Thursday, November 23, 2017
Home > Lifestyle > Kredit Pinjaman Uang Modal Usaha Tanpa Jaminan

Kredit Pinjaman Uang Modal Usaha Tanpa Jaminan

Kredit Pinjaman Uang Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjaman uang merupakan cara yang dipilih untuk mengatasi kekurangan dana yang dibutuhkan. Bisa untuk tambahan modal usaha, membiaya pendidikan dan lain sebagainya. Salah satu cara terbaik dalam mendapatkan pinjaman uang adalah dari bank atau koperasi yang telah terdaftar di OJK. Jangan asal memilih bank atau koperasi, apalagi dengan bunga yang besar. Anda harus mengetahui seluk beluk instansi tersebut sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Selain melalui bank atau koperasi, pinjaman uang juga bisa diperoleh dari pinjam teman, saudara dan rentenir. Kalau meminjam pada sanak saudara atau teman, Anda tidak perlu khawatir akan bunganya, karena biasanya mereka meminjamkan dengan ikhlas asalkan pengembaliannya tepat waktu. Tapi, bila pada rentenir, Anda harus bersiap-siap dengan bunga besar dan selalu dikejar-kejar rentenir itu.

Biasanya pihak bank atau koperasi menerapkan syarat dan ketentuan bagi calon nasabah sebelum mendapatkan pinjaman. Jadi, hanya nasabah yang memenuhi syarat saja, bisa memperoleh pinjaman tersebut. Proses verifikasi data diri juga akan dilakukan untuk mengetahui seberapa kemampuang nasabah dalam membayar angsuran yang ditetapkan. Persiapkan persayaratan secara matang, jika ingin pinjaman uang disetujui.

Pastikan data yang Anda kirim sesuai kenyataannya. Setelah semua berkas-berkas dilengkapi, maka akan diverifikasi oleh bank atau perusahaan keuangan lainnya. Proses ini memastikan kalau Nasabah tidak memilih masalah seperti kredit macet mengenai kredit macet atau masalah keuangan lainnya yang berkaitan dengan meminjam uang. Apabila telah disetujui, maka segera dilakukan pencairan uang dan berusahalah untuk membayar angsuran pinjaman uang tepat waktu.

Yang dimaksud tanpa agunan berarti tidak memakai jaminan apapun untuk bisa memperoleh pinjaman. Sehingga, banyak sekali orang yang mencari pinjaman jenis ini karena mereka menginginkan yang praktis. Pinjaman tanpa agunan memang proses pencairannya cepat sekitar 2-3 hari, tapi kelemahannya adalah biasanya suku bunga lebih besar dibandingkan pinjaman dengan agunan.

Oleh sebab itu, bila Anda ingin mengambil pinjaman uang tanpa agunan sebaiknya lihat dulu kisaran bunga, biaya administrasi dan besarnya angsuran. Pilih besar angsuran yang sesuai kemampuan Anda tiap bulannya. Namun, bila Anda ingin lebih ringan, cobalah mencari kredit program yang difasilitasi pemerintah. Selama ini ada beberapa bank yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan kredit bagi UMKM. Nah, manfaatkanlah hal tersebut.

Informasi pinjaman uang seperti itu bisa didapatkan melalui Dinas Tenaga Kerja di daerah Anda. Maka, Anda mesti rajin-rajin mengecek program yang ada di Disnaker. Tapi, sebelum Anda memikirkan usaha yang butuh modal banyak, bisa melakukan pekerjaan online terlebih dahulu. Paling mudah adalah dengan membuka online shop. Gunakan sosial media dan aplikasi chat untuk promosi. Nah, dari situ kembangkan menjadi bisnis offline. Sudah banyak yang membuktikan kesuksesan bisnis online, tak ada salahnya Anda coba.