Friday, August 19, 2022
Home > Others > Kini Tersedia Saus Bulgogi Kemasan, Ini Fakta Unik Seputar Bulgogi!

Kini Tersedia Saus Bulgogi Kemasan, Ini Fakta Unik Seputar Bulgogi!

Kini Tersedia Saus Bulgogi Kemasan, Ini Fakta Unik Seputar Bulgogi!

Saat ini siapa pun bisa mencicipi saus bulgogi, di masa lalu hanya bangsawan yang bisa mencicipinya. Bahkan, bulgogi sangat populer bagi para penggemar pecinta musik dan drama Korea.

Penasaran dengan kuliner satu ini? Berikut kami sajikan 5 deretan fakta unik seputar bulgogi!

  1. Asal Usul Kuliner Bulgogi

Berdasarkan sejarah, Bulgogi sudah ada sejak dinasti Goguryeo, sekitar tahun 37 SM hingga 668 M. Olahan daging ini bisa disebut masakan klasik Korea Selatan. Singkatnya, bulgogi adalah evolusi dari makanan sate yang disebut maekjeok, yang biasanya menggunakan daging babi.

Lalu berubah menjadi daging olahan dengan kuah kaldu dingin yang khas. Kemudian menjadi neobian, yang mirip dengan tampilan bulgogi hari ini.

  1. Menggunakan Daging Pilihan

Kalau bicara soal bulgogi, tentu pilihan dagingnya yang paling penting. Biasanya bagian yang digunakan untuk membuat bulgogi adalah sirloin, tenderloin atau daging pilihan Anda lainnya.

  1. Sesuai dengan Lidah Orang Indonesia

Walaupun tidak semua orang suka mencicipi kimchi, berbeda dengan bulgogi. Olahan daging manis ini sebenarnya sangat cocok dengan lidah semua orang, termasuk orang Indonesia.

Karena bagaimanapun bulgogi adalah olahan barbekyu yang sangat familiar untuk dicicipi, berbeda dengan yakiniku yang biasanya memiliki rasa yang lebih Jepang.

  1. Sering Dianggap Mirip Yakiniku

Beberapa orang mungkin berpikir bulgogi mirip dengan yakiniku khas Jepang, tetapi biasanya keduanya adalah dua hidangan yang berbeda. Bulgogi lebih umum dengan daging sapi, sedangkan yakiniku memiliki berbagai variasi daging seperti daging sapi, babi, atau jeroan.

Bulgogi cenderung lebih manis dibandingkan dengan cita rasa dari yakiniku.

  1. Inovasi dari Bulgogi

Di bidang kuliner ternyata bulgogi sudah mengalami beberapa perubahan. Ini bisa dilihat dari keberadaan bulgogi yang tidak hanya diapresiasi sebagai daging bakar dan barbeque, tapi juga olahan lainnya seperti burger.

Sehingga, saat ini Anda bisa mencicipi bulgogi dengan berbagai cita rasa yang berbeda.

Bulgogi dan kimchi yang dipadukan dengan burger dapat menghasilkan cita rasa yang maksimal.

Penutup

Nah, itulah 5 deretan fakta menarik seputar Bulgogi yang menjadi kuliner yang banyak digemari masyarakat Tanah Air. Bahkan, tidak hanya di Asia, bulgogi juga mendunia hingga ke Amerika Serikat.