Wednesday, March 20, 2019
Home > Others > Keuntungan Memakai Colocation Server dan Kriteria yang Bagus

Keuntungan Memakai Colocation Server dan Kriteria yang Bagus

Colocation Server dan Kriteria yang Bagus

Kalau Anda dihadapkan pada pilihan bangun rumah sendiri atau membeli rumah langsung jadi, mana yang akan Anda ambil? Tentunya, hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan, ya! Begitu juga saat memilih colocation server atau data center untuk data-data perusahaan Anda. Nah, bagaimana cara memilihnya yang bagus dan apa untungnya menggunakan ini?

Tips Memilih Data Center Terbaik

Sebelum memilih data center yang bagus, ada baiknya Anda ketahui dulu apa yang dimaksud dengan ini. Co-location server ini sendiri adalah sebuah layanan untuk tempat penyimpanan atau penitipan server data center dengan infrastrur memadai dan berbentuk fisik serta memiliki keamanan fisik juga.

Jadi, untuk membangunnya agar data perusahaan Anda tetap aman, tentunya harus memilih yang terbaik, kan? Tips memilih data center untuk ini yang terbaik adalah pertama dengan melihat reputasi dari penyedia jasanya. Reputasi penyedia jasa haruslah baik dans duah dikenal masyarakat. Lalu, pastikan juga data center-nya memiliki koneksi yang baik.

Dengan begitu, semua operasional perusahaan akan berjalan dengan baik. Lalu, untuk stabilitas jaringannya juga harus baik sehingga aktivitas perusahaan bagus. Keamanan adalah yang paling penting. Hal ini berguna untuk menjaga aset perusahaan Anda termasuk dari gangguan yang tak direncakan seperti bencana.

Bagaimana Kriteria Data Center yang Baik Itu?

Setelah mengetahui bagaimana cara memilihnya, maka jangan lupa untuk perhatikan kriteria colocation yang baik itu. Kriterianya adalah tingkat pengamanan yang tinggi selama 24 jam. Lalu, harus ada pencegahan kebakaran yang memadai sesuai standar di dalamnya. Harus ada tenaga listrik cadangan juga untuk mempermudah akses data bila listrik tak stabil.

Personal IT juga harus 24 jam nonstop dan lokasi ditempatkannya data center itu harus bebas dari longsor, banjir, bencana dan kerusuhan. Suhu pengatur ruangan untuk tempat data center yang bagus adalah ada di segala penjuru ruangan. Koneksi jaringan juga harus netral dan sistem monitoringnya juga memadai dan selalu di-update.

Keuntungan Menggunakan Data Center Ini

Tentunya, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan layanan ini untuk perusahaan Anda. Pertama, dengan adnya jasa ini, Anda bisa lebih hemat biaya investasi dan aktivitas operasional perusahaan juga tetap terjaga. Dengan adanya data center ini, tingkat produktivitas perusahaan Anda juga bisa lebih meningkat.

Sebab, persoalan IT yang terjadi bisa diminimalisir dan bilapun terjadi masalah, Anda tak perlu turun langsung. Sebab, hal ini adalah tanggung jawab dari penyedia layanan tersebut. Selain itu, tingkat keamanan data center yang menggunakan ini juga tak perlu diragukan lagi. Sebab, sebelum membuatnya tentunya Anda memperhatikan semua risiko yang ada.

Misalnya, dengan memilih tempat yang jauh dari bencana alam, memiliki listrik yang stabil, dan masih banyak lagi. Anda juga tak perlu terus upgrade sistem server karena hal itu adalah tugas dari pihak penyedia layanan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat waktu dan bisa menggunakannya untuk hal yang lain.

Paling penting, Anda bisa mengakses layanannya 24 jam selama seminggu sehingga kapan saja Anda membutuhkan, bisa digunakan. Lalu, bila ada masalah yang terjadi dengan jaringan itu, Anda bisa langsung mengetahuinya sehingga bisa cepat diatasi.

Oleh sebab itulah, penggunaan colocation server ini sangat dianjurkan untuk perusahaan besar yang menggunakan jaringan internet untuk pengembangannya. Anda tak perlu bingung di mana bisa menemukan jasa ini, hubungi saja Lintasarta untuk mendapatkannya. Lintasarta adalah solusi terbaik untuk Anda yang butuh jaringan untuk perusahaan tercepat.