Thursday, November 26, 2020
Home > Others > Kenali Fulfillment House, Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Kenali Fulfillment House, Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Kenali Fulfillment House, Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Dalam sebuah sistem e-commerce pasti ada rumah atau gudang yang digunakan debagai pusat distribusi barang atau kata lainnya pusat gudang pengemasan. Tempat ini disebut dengan fulfillment house yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan rumah pemenuhan. Pada pertengahan tahun 1990-an, istilah ini sudah muncul dipakai. Rumah Pemenuhan identik pada perusahaan yang terkhusus pada pengemasan dan pergudangan barang.

Dalam setiap perusahaan jasa logistik, selalu dibutuhkan adanya manajemen persediaan. Manajemen persediaan merupakan masalah yang umum di banyak toko yang bekerja secara online. Kebanyakan pada toko online, keberadaan manajemen ini akan meningkatkan jumlah pelanggan yang cukup banyak sehingga keberhasilan penjualan meningkat. Fulfillment dalam bidang e-commerce menyangkut sistem pemrosesan pesanan misalnya penyimpanan barang dan pengiriman barang. Proses ini muncul setelah produk telah dipesan oleh konsumen.

Permasalahan Fulfillment House yang paling Signifikan

Hal umum yang menjadi masalah pada fulfillment house adalah penjualan melebihi persediaan atau banyak pemesan disebut dengan overselling. Tak jarang banyak toko online yang menyatakan bahwa barang telah habis sehingga terkadang memunculkan konsumen yang berkomentar marah atau timbulnya ujaran kebencian. Permasalahan ini tentunya akan menimbulkan pemikiran yang kurang tepat pada produk lain karena calon pembeli tentunya akan melihat testimoni atau komentar orang lain.

Fungsi yang Terlibat dalam Fulfillment

  • Penyimpanan suatu barang yang juga termasuk manajemen pergudangan
  • Pemilihan barang
  • Proses transportasi barang
  • Pengiriman pesanan barang
  • Tahapan memroses hasil
  • Pelayanan purna jual

Keberadaan pusat pemenuhan ini dapat menentukan peningkatan skala bisnis Anda di masa yang akan datang. Semakin cermat Anda dan tim meninjau barang  sebelum dikirimkan dapat menurunkan ketidakpuasan pelanggan. Bagaimanapun juga pelanggan akan kecewa jika barang yang dikirimkan cacat atau tidak sesuai spesifikasi label penjualan. Akan tetapi, jika Anda memperhatikan lebih maka kesalahan pengiriman akan berkurang sehingga pelanggan akan lebih puas. Hal ini akan menimbulkan kecenderungan untuk membeli lagi di situs penjualan online Anda.

Haistar sebagai perusahaan jasa e-commerce memiliki enam pusat pergudangan yakni tiga di luar jawa dan tiga di Jawa. Di luar jawa kota besar yang memilliki pusat ini adalah Medan, Palembang, dan Makassar. Sedangkan di Jawa meliputi kota Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Kota Jakarta sebagai pusat distribusi logistik di jawa dan luar Jawa.

Demikian mengenai fulfillment house yang mempunyai fungsi beragam dengan tujuan peningkatan pada pengembangan lebih luas lagi bisnis di masa yang akan datang. Metode bisnis yang tepat tidak hanya meningkatkan kemajuan tetapi juga dapat menentukan ketahanan bisnis Anda. Maka, mari bermitra dengan Haistar untuk bisnis yang lebih maju. Haistar saat ini sudah bekerjasama dengan jasa logistik dalam negeri yang terpercaya dan dikenal masyarakat.