Tuesday, November 19, 2019
Home > Others > Kelemahan, Kekurangan dari CV

Kelemahan, Kekurangan dari CV

Kelemahan, Kekurangan dari CV

Salah satu badan usaha yang paling banyak digunakan oleh para pengusaha menengah ke bawah adalah CV (Commanditaire Vennontschap). Badan usaha ini berupa perusahaan yang didirikan oleh satu orang atau lebih, dengan penanggung jawab satu orang atau lebih. Segala aturan terkait dengan pendirian cv diatur dalam undang-undang hukum dagang.  Karena mendirikan CV lebih mudah dan cepat prosesnya dibandingkan mendirikan PT (Perseroan Terbatas), banyak pengusaha lebih memilih untuk mendirikan CV agar proyek bisa segera berjalan dan tidak ketinggalan dari para kompetitor.  Sebagai salah satu badan usaha yang paling banyak diminati, tentu saja CV memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, di bawah ini akan saya jelaskan berbagai hal yang terkait dengan CV, termasuk kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Ciri-Ciri CV

Agar Anda bisa membedakan antara CV dengan PT dan Persekutuan Firma, di bawah ini akan saya sebutkan ciri-ciri CV, yaitu :

  • Terdapat dua keanggotaan pada CV, yaitu keanggotaan aktif dan keanggotaan pasif
  • Anggota sekutu yang aktif dalam mengelola perusahaan disebut sebagai sekutu aktif
  • Anggota sekutu yang hanya menanamkan modal saja disebut sekutu pasif
  • Tanggung jawab yang dibebankan kepada sekutu aktif tidak terbatas, sedangkan tanggung jawab yang dibebankan kepada sekutu pasif hanya sebesar modal yang diinvestasikannya

Tujuan Persekutuan Komanditer (CV)

Setiap pendirian CV tentunya mengandung tujuan tertentu, salah satunya untuk melakukan kegiatan usaha yang sama dengan perseroan lain atau berbeda, di mana usaha tersebut bersifat khusus atau umum yang disesuaikan sesuai dengan keinginan para pendiri persero. Selain itu, pendirian CV dimaksudkan agar suatu usaha memiliki wadah resmi dan legal agar pergerakan badan usaha itu lebih leluasa dan legal. Pendirian CV juga seringkali dimaksudkan untuk menjalin kerjasama dengan instansi tertentu dari pihak pemerintah atau pihak-pihak lainnya. Sebagai contoh, ketika sebuah instansi tertentu dari instansi pemerintah membutuhkan pengadaan suatu barang di kantor senilai 100 juta rupiah, secara aturan harus menggunakan bantuan pihak CV atau PT dengan klasifikasi kecil untuk pengadaannya.

Kelebihan & Kekurangan dari CV

 

A.Kelebihan CV

Sebelum saya mulai menyebutkan tentang kelemahan, kekurangan dari CV, terlebih dahulu akan saya sebutkan kelebihan dari mendirikan CV. Berikut ini beberapa kelebihan dari mendirikan CV :

  • Modal yang bisa dikumpulkan saat mendirikan CV lebih besar
  • Proses mendirikan CV sangat mudah
  • Peluang dan kemampuan untuk berkembang cukup besar
  • Badan usaha CV lebih mudah memperoleh kredit
  • CV memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk ekspansi
  • Dari segi kepemimpinan, CV lebih baik dengan kemampuan manajemennya jauh lebih besar
  • Kebutuhan akan modal mudah dipenuhi
  • Manajemen dapat didiversifikasikan
  • CV merupakan tempat yang lebih baik untuk menanamkan modal karena proses investasi dan pencairan kembali lebih mudah

B.Kekurangan CV

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki jika mendirikan CV, tentu saja terdapat juga kelemahan, kekurangan dari CV. Adapun kekurangan-kekurangan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Sebagian anggota/sekutu mendapatkan tanggung jawab tidak terbatas disebabkan adanya sekutu yang pasif dan aktif
  • Kelangsungan hidup CV di waktu mendatang tidak menentu, dikarenakan ketergantungannya yang cukup besar terhadap sekutu aktif yang merupakan pemimpin persekutuan
  • Sulit untuk melakukan penarikan kembali investasi yang sudah dimasukkan, terutama bagi sekutu pimpinan
  • Kekuasaan dan pengawasan jauh lebih kompleks
  • Tanggung jawab para anggota CV yang terbatas bisa menjadikan semangat mereka melemah untuk memajukan perusahaan. Hal ini berbeda dengan tanggungjawab sekutu-sekutu pada persekutuan firma
  • Jika perusahaan mengalami kerugian atau menanggung utang, maka semua sekutu menanggung beban tersebut bersama-sama.

Bentuk dan Jenis CV

Ada beberapa jenis dan bentuk dari CV adalah sebagai berikut :

1.CV Murni

Bentuk persekutuan pada CV Murni hanya memiliki satu sekutu yang aktif, sementara sekutu lainnya adalah sekutu komanditer.

2.CV Campuran

Bentuk persekutuan pada CV Campuran berasal firma yang sangat memerlukan modal dan menjadi sekutu aktif. Hal ini terjadi jika ada sekutu lain akan dijadikan sekutu pasif.

3.CV Bersaham

Bentuk persekutuan pada CV Bersaham adalah istilah untuk CV yang dapat mengeluarkan saham, yang mana saham tersebut tidak bisa diperjualbelikan dan dibagikan kepada semuah pihak-pihak sekutu untuk dapat diambil olehnya. Hal ini dilakukan dalam rangka menghindari adanya modal beku.

Demikianlah informasi seputar kelebihan dan kekurangan dari CV, serta berbagai hal yang terkait dengannya yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Perlu diingat bahwa CV yang baik hanya bias didirikan jika anggota dan sekutu yang bergabung didalamnya cukup kuat serta memiliki pengalaman yang baik dan bia diandalkan untuk pengelolaan CV tersebut.