Tuesday, July 5, 2022
Home > Health > Kebiasaan Sepele yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Kebiasaan Sepele yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Kebiasaan Sepele yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sangat menakutkan bagi kaum wanita. Meskipun pria sebenarnya juga memiliki risiko terkena kanker payudara, namun wanita cenderung memiliki risiko yang lebih besar. Dalam data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, rasio penderita kanker payudara adalah 42.1 dari 100.000 penduduk.

Dengan rasio yang cukup tinggi, kanker payudara menjadi ancaman yang nyata. Oleh karenanya, setiap individu wajib untuk melakukan pencegahan sejak dini. Terlebih, penyebab dari munculnya kanker payudara ini belum diketahui secara pasti.

Sayangnya, ada cukup banyak kebiasaan sepele yang sebenarnya bisa meningkatkan risiko kanker payudara yang tanpa disadari masih banyak dilakukan oleh masyarakat. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko paparan kanker payudara tersebut.

Adapun beberapa kebiasaan buruk yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi pil KB

Salah satu kebiasaan sepele yang bisa meningkatkan paparan kanker payudara adalah mengonsumsi pil KB. Dalam hal ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research pada tahun 2015 mengatakan bahwa wanita yang berusia 20 hingga 49 tahun yang mengonsumsi pil KB memiliki risiko paparan kanker payudara yang lebih tinggi.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan peningkatan hormon estrogen pada pil KB cenderung meningkat. Hal inilah yang tanpa disadari akan meningkatkan risiko terkena paparan kanker payudara.

  • Makan tengah malam

Apakah Anda termasuk seseorang yang sering makan di tengah malam? Jika ya, maka Anda sebaiknya berusaha untuk segera menghentikannya.

Para pakar medis mengatakan bahwa kebiasaan makan di tengah malam memiliki dampak pada peningkatan risiko paparan kanker payudara. al ini dikarenakan glukosa yang dikonsumsi tubuh di tengah malam tersebut tidak akan berubah menjadi energi.

Dalam penjelasannya, para pakar mengatakan bahwa sistem metabolisme tubuh di tengah malam cenderung lebih lambat. Akibat dari glukosa yang tinggi dan menetap dalam tubuh ini akan meningkatkan gula darah dan memicu munculnya kanker payudara.

  • Memakai bra yang terlalu ketat

Cukup banyak wanita yang memilih memakai bra dengan ukuran yang terlalu ketat demi menunjang penampilan mereka. Memang, dengan memakai bra yang ketat, payudara akan terlihat lebih penuh dan penampilan wanita menjadi lebih maksimal. Hanya saja, kebiasaan ini memiliki dampak buruk yang tidak main-main.

Bra yang ketat bisa menjadi sebab meningkatnya risiko paparan kanker payudara. Hal ini dikarenakan bra yang terlalu ketat tersebut akan menghambat aliran darah menuju ke payudara.

Beberapa hal di atas adalah sebab umum yang sering dilakukan dan menjadi faktor yang meningkatkan risiko kanker payudara. Tentu, untuk pencegahan, Anda perlu meninggalkan kebiasaan tersebut. Selain itu, ada baiknya jika Anda juga turut menggunakan layanan asuransi kesehatan untuk mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal.