Friday, June 18, 2021
Home > Lifestyle > Inilah Manfaat Olahraga Bagi Anak Anak

Inilah Manfaat Olahraga Bagi Anak Anak

Inilah Manfaat Olahraga Bagi Anak Anak

Membiasakan kebiasaan baik untuk anak sejak dini sangat dianjurkan. Di mana kebiasaan baik tersebut selalu tertanam di pikiran anak sehingga anak mau melakukan kebiasaan baik tersebut setiap saat. Nah, salah satu kebiasaan baik yang perlu diajarkan orangtua kepada anak adalah olahraga. Alasannya karena ada berbagai manfaat olahraga bagi anak anak.

Nah, apa saja sih manfaat olahraga bagi anak-anak? Untuk menjawab pertanyaan ini, Bunda bisa banget loh simak informasi di bawah ini hingga akhir ya. Hal ini karena dalam informasi tersebut akan membahas manfaat olahraga bagi anak-anak.

4 Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak

  1. Memiliki Tubuh Ideal

Salah satu manfaat dari olahraga bagi anak adalah agar anak memiliki postur tubuh yang ideal. Hal ini karena dengan anak melakukan olahraga, yang tentunya secara rutin, anak bisa menyalurkan energi yang terdapat dalam tubuh. Jadi, energi tersebut tidak hanya tertimbun begitu saja yang nantinya membuat anak menderita obesitas.

Nah, salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk anak agar memiliki postur tubuh yang ideal adalah basket. Di sini, Bunda bisa mengajak anak bermain basket dengan anggota keluarganya yang lain ya agar rame dan anak bisa menikmati olahraganya. Kemudian, jangan olahraga terlalu lama agar anak tidak terlalu kecapekan.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Oksigen

Selanjutnya, olahraga juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen pada tubuh anak loh. Dengan begitu, peredaran darah dan oksigen anak menjadi lancar. Hal tersebut sangatlah baik bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

Dalam hal ini, peredaran darah dan oksigen yang lancar serta optimal mampu memperbaiki aktivitas sel yang membuat imunitas atau daya tahan tubuh anak meningkat. Nah, daya tahan tubuh yang kuat bisa membuat anak tidak mudah sakit loh.

Tak ketinggalan juga, perbaikan sel juga terjadi dalam otak anak. Di mana perbaikan sel tersebut bisa meningkatkan fungsi otak anak.

  1. Menumbuhkan Sikap Sportivitas

Bukan hanya kedua manfaat di atas saja, olahraga adalah salah satu cara untuk menumbuhkan sikap sportivitas anak. Dengan demikian, jika anak tumbuh menjadi remaja dan orang dewasa, anak akan tumbuh menjadi orang yang sportif dalam segala hal, bukan hanya di bidang olahraga saja.

  1. Melakukan Bonding

Tahukah Bunda, melakukan olahraga dengan anak sejak dini juga bisa digunakan sebagai salah satu kegiatan untuk melakukan bonding loh. Hal ini tentu saja karena dengan melakukan olahraga anak bisa melakukan quality time dengan orang tuanya. Quality time yang diciptakan ini ternyata bisa membuat bonding antara orangtua dan anak menjadi lebih kuat loh.

Dari informasi seputar manfaat olahraga bagi anak-anak, yuk Bunda dan Ayah jangan ragu dan takut untuk membiasakan anak berolahraga secara rutin. Kemudian, jangan lupa setelah anak melakukan olahraga, Bunda beri anak segelas susu Milo untuk mengembalikan energi anak.