Saturday, September 22, 2018
Home > Lifestyle > Cara Cerdas Mendapatkan Pinjaman Dana Kilat

Cara Cerdas Mendapatkan Pinjaman Dana Kilat

Cara Cerdas Mendapatkan Pinjaman Dana Kilat

Ada banyak sekali keadaan dimana Anda akan membutuhkan dana kilat. Entah itu untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak seperti tiba-tiba sakit hingga untuk dana pendidikan. Selain itu kebutuhan uang mendadak ini juga bisa sebagai dana produktif, misalnya untuk menambah modal usaha dan lain-lain. Untuk itu memang tak mengherankan bila kebutuhan dana mendadak tersebut tak bisa dipertimbangkan sebelumnya.

Untuk dana yang sifatnya mendadak ini, Anda memang membutuhkan pinjaman yang sifatnya kilat. Dimana pinjaman hanya membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan minggu saja untuk mendapatkannya. Bila saat ini Anda sedang berusaha mencari pinjaman dana kilat tersebut, di bawah ini merupakan beberapa cara cerdas mendapatkannya.

1. Pinjam dana dari orang terdekat

Cara lain tentu saja dengan meminjam dari orang terdekat. Anda bisa meminjam dari saudara, keluarga, hingga rekan yang dirasa bisa memberikan pinjaman. Biasanya kebutuhan meminjam dari orang terdekat ini sifatnya sangat mendadak. Entah itu untuk biaya pendidikan atau untuk kesehatan. Jumlahnya pun biasanay tak begitu banyak, tak ada bunga, dan juga pengembalian langsung tanpa dicicil. Pengembalian dana ini pun tak memiliki tenor yan panjang. Bahkan bisa hanya beberapa minggu hingga bulan saja.

2. Pinjam dari kredit usaha

Beberapa bank memiliki produk pendanaan usaha. Misalnya seperti produk Kredit Usaha Rakyat serta beberapa jenis lain. Untuk Anda yang mencari pinjaman dana kilat yang gunanya untuk modal usaha dan kebutuhan biaya produktif lain, jenis ini bisa dipertimbangkan.

Biasanya kredit usaha ini akan membutuhkan agunan atau pun jaminan. Bisa berupa benda berharga, aset, hingga surat-surat penting lain.

3. Kredit tanpa agunan

Cara cerdas lain bisa menggunakan kredit tanpa agunan. Kredit tanpa agunan bisa digunakan untuk kebutuhan dana produktif atau pun konsumtif. Meski begitu, waktu pencairan dana ini pun bervariasi. Tergantung dari pihak bank dan juga kelengkapan dokumen. Bisa hanya dalam beberapa hari hingga minggu.

Kredit tanpa agunan memiliki plafon pinjaman yang cukup besar. Mencapai Rp 200 juta maksimal. Selain itu bunga yang dibebankan juga termasuk rendah dan tenor masa pinjaman mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun.

4. Kartu kredit

Berikutnya bila Anda benar-benar membutuhkan dana kilat, bisa menggunakan tarik tunai kartu kredit. Cara ini nyaris tak membutuhkan waktu sama sekali dan bisa dilakukan dimana saja. Sistem kerjanya sama dengan debit dari ATM. Anda tinggal gesek dan kemudian mendapatkan uang tunai. Untuk itu, gesek tunai kartu kredit ini cocok untuk kebutuhan dana yang benar-benar mendesak.

Sebaiknya cara ini tak dilakukan bila kebutuhan dana tak benar-benar mendesak. Pasalnya denda dan juga bunga yang dibebankan dari gesek tunai kartu kredit ini cukup tinggi.