Saturday, May 30, 2020
Home > Others > Berita Timnas Indonesia: Akibat Virus Corona, Agenda AFF Ditunda

Berita Timnas Indonesia: Akibat Virus Corona, Agenda AFF Ditunda

Berita Timnas Indonesia Akibat Virus Corona, Agenda AFF Ditunda

Merebaknya virus Corona COVID-19 di seluruh dunia membuat AFF, federasi sepak bola tertinggi di Asia Tenggara memutuskan kebijakan mendadak. Mereka memutuskan untuk menunda semua agenda AFF yang digelar pada tahun itu. Ada tiga agenda untuk Timnas Indonesia dan satu agenda yang melibatkan klub-klub asal Indonesia yang ditunda. Berita Timnas Indonesia ini tentu tak mengenakkan.

AFF memutuskan untuk menunda empat agenda di level Timnas, yakni Piala AFF Wanita di Filipina pada Mei, kemudian Piala AFF Wanita U-18, Piala AFF U-16, dan Piala AFF U-19. Tiga turnamen yang disebut terakhir, seharusnya digelar di Indonesia.

“Ini adalah momen yang baru terjadi di seluruh dunia dan efeknya mengenai seluruh komunitas sepak bola, tapi kita bisa melewatinya bersama. Bagaimana pun, peran kita semua sangat dibutuhkan,” ujar Presiden AFF, Major General Khiev Sameth dilansir berita Indonesia, Bola Nusantara.

Keputusan untuk menunda empat agenda AFF karena mereka tak ingin sepak bola menjadi salah satu alasan menyebarnya virus Corona. Dalam pertandingan sepak bola, massa akan berkumpul dalam jumlah yang banyak dan akan membuat risiko tersebarnya virus semakin besar.

“Sejak risiko penularan semakin besar ketika ada pertandingan sepak bola, kami memutuskan untuk menundanya. Hal ini semata-mata karena kami ini meminimalisir kontak sosial dna menjaga kesehatan seluruh komunitas sepak bola,” tambahnya.

Sejatinya, empat agenda yang ditunda, digelar beruntun sejak bulan Mei hingga Agustus 2020. Sementara untuk agenda AFF yang lain, yakni Piala AFF Wanita U-15, Piala AFF Futrsal, Piala AFF Futsal Antar-Klub, Piala AFF Sepak Bola Pantai, dan Piala AFF tetap digelar sesuai jadwal.