Monday, October 14, 2019
Home > Health > Beberapa Makanan Penurunan Darah Tinggi

Beberapa Makanan Penurunan Darah Tinggi

Beberapa Makanan Penurunan Darah Tinggi

Untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi supaya terhindar dari resiko fatal seperti serangan jantung, maka sebaiknya kamu mengetahui makanan penurun darah tinggi mana yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan. Karena tekanan darah tinggi pada dasarnya dapat disebabkan oleh beberapa makanan tertentu. Nama lain dari tekanan darah tinggi ini adalah hipertensi. Dimana tekanan darah tinggi itu sendiri merupakan kekuatan aliran darah dari jantung yang dapat mendorong melawan dinding pembuluh darah atau arteri. Jika kamu menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka rasanya tidak cukup dengan hanya minum obat saja dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Kemungkinannya adanya beberapa orang terdekatmu yang merekomendasikan jenis makanan penurun darah tinggi. Tetapi apakah salah satu dari makanan penurun darah tinggi tersebut telah kamu konsumsi?

Lalu makanan apa saja yang dipercaya dapat menurunkan darah tinggi? Berikut beberapa makanan penurunan darah tinggi diantaranya yaitu :

  1. Pisang

Buah pisang mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat membantu untuk menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi didalam tubuh penderita hipertensi, sehingga dapat membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah. Pisang ini dapat dikonsumsi secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yoghurt.

  1. Sayuran Hijau

Makanan yang mengandung kalium tinggi tidak hanya pisang saja tetapi juga beberapa sayuran hijau seperti bayam, kale, lobak hijau, sawi, dan yang lainnya. Terlebih lagi pada sayuran hijau juga terkandung kalsium yang berguna sebagai makanan penurunan darah tinggi. Oleh karena itu sangat penting untuk kamu mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin setiap harinya sebagai makanan penurun darah tinggi ataupun makanan pengontrol tekanan darah tinggi.

  1. Yoghurt

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi adalah kekurangan kalsium. Oleh karena itu didalam setiap harinya kamu perlu menambahkan kalsium kedalam asupan makananmu. Yoghurt merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi.

  1. Susu Skim

Tidak hanya yoghurt saja yang mengandung kalsium tinggi, tetapi juga ada susu skim yang mengandung kalsium tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga kandungan lemak rendah yang ada didalam susu skim sangat diperlukan sebagai salah satu minuman dan makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Kentang

Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi didalam kentang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Kentang juga mengandung serat yang kamu perlukan. Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun darah tinggi maka sebaiknya kamu mengkonsumsi kentang yang hanya direbus atau dipanggang tanpa menambahkan garam kedalamnya.

  1. Buah Berry

Buah buahan yang termasuk kedalam golongan berry terlebih blueberry mengandung senyawa flavonoid. Didalam sebuah penelitian dikatakan jika flavonoid ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan penurunan darah tinggi. Kamu dapat menambahkan buah buahan yang tergolong kedalam berry ini pada yoghurt atau sereal sarapanmu.

  1. Ikan

Adanya beberapa jenis ikan tertentu seperti ikan trout yang memiliki kandungan Vitamin D, dimana kandungan vitamin tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggimu. Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki efek dapat menurunkan tekanan darah.

Itulah 7 makanan yang dipercaya dapat menurunkan darah tinggi. Dengan memanfaatkan ketujuh makanan diatas, maka ini merupakan cara menurunkan darah tinggi yang alami dan aman. Bahan bahan makanan diatas tidak mengandung bahan kimia sehingga aman untuk dikonsumsi.