Sunday, August 14, 2022
Home > Lifestyle > Bacaan Dzikir Pagi Latin Dan Artinya Beserta Keutamaan Mengamalkannya

Bacaan Dzikir Pagi Latin Dan Artinya Beserta Keutamaan Mengamalkannya

Bacaan Dzikir Pagi Latin

Berdzikir adalah suatu ibadah untuk mengingat Allah SWT yang dianjurkan untuk diamalkan oleh setiap muslim diberbagai kesempatan. Terutama di waktu pagi dan petang.

Allah SWT berfirman didalam Al Quran Surat Al Ahzab ayat 42 – 43 yang artinya adalah sebagai berikut :

“Dan bertasbihlah kepada Nya diwaktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat Nya (memohonkan ampunan untukmu). Supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Yang Maha Penyayang kepada orang – orang yang beriman.”

Mengamalkan dzikir pagi maupun petang sangat dianjurkan guna menambah pahala dan keimanan. Adapun bacaan dzikir pagi yang bisa diamalkan yaitu :

“Bismillahilladzii laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fissamaa-I, wa huwassamii’ul ‘alimm.”

Artinya :

“Dengan nama Allah, yang bila nama-Nya disebut, segala sesuatu yang berada di bumi dan di dilangit tidak akan berbahaya, Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Atau bisa juga membaca ayat kursi sebagai bacaan dzikir pagi. Selain itu, kamu pun bisa membaca surat Al – Ikhlas, Al – Falaq, atau An – Naas, yang mana masing – masing surat dibaca sebanyak 3 kali.

Hal tersebut juga sudah tercantum dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi yang artinya adalah sebagai berikut :

“Bacalah Surat Al Ikhlash, Al Falaq, dan dan An – Nas, diwaktu pagi dan sore sebanyak 3 kali. Itu cukup bagimu untuk mencegah semua marabahaya.”

Mengamalkan dzikir pagi memiliki banyak keutamaan, diantaranya yaitu :

  1. Mendapat Perlindungan Allah SWT

Orang yang selalu mengingat dan memuji kebesaran Allah SWT, maka ia akan senantiasa dilindungi Allah SWT dari segala macam keburukan. Selain itu, berdzikir pun bisa membukakan pintu keselamatan di dunia dan akhirat.

  1. Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Berdzikir adalah salah satu amalan ibadah yang paling disukai. Dzikir pun sebagai upaya untuk mengingatkan diri akan kematian dan kebesaran Allah SWT sehingga membuat kita menjadi lebih dekat kepadaNya.

  1. Dicukupi Kebutuhannya

Keutamaan berdzikir selanjutnya adalah membukakan pintu rezeki. Urusan dunia maupun akhirat pun akan terasa lancar dan mudah untuk dilewati. Dengan melafazkan dzikir, akan membuat kita merasa selalu bersyukur atas kehidupan kita, sehingga membuat kita senantiasa merasa cukup.

  1. Memberikan Ketenangan

Berdzikir pun akan memberikan ketenangan bagi siapasaja yang mengamalkannya. Karena dengan mengamalkan dzikir akan membuat kita merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Hal tersebut sudah tercantum didalam Al Quran surat Ar – Ra’d yang artinya adalah sebagai berikut.

“..Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.”

  1. Jauh Dari Dosa

Dengan berdzikir mengingat Allah SWT terus menerus, secara langsung akan membantu kita terhindar dari dosa dan maksiat karena selalu ingat bahwa Allah SWT ada dan melihat apa – apa saja yang dikerjakan hamba-Nya. Dengan demikian, kita akan berpikir berulang – ulang sebelum berbuat dosa hingga pada akhirnya tidak melakukan dosa tersebut karena saking dekatnya hati kita dengan Allah.

  1. Menambah Rasa Khusyu Dalam Beribadah

Berdzikir tentunya akan menambah rasa khusyu dalam beribadah lain misalnya saat shalat, karena selalu bersyukur mendapatkan kesempatan untuk bisa beribadah dan mencari jalan mendekat kepada Allah.

Itulah informasi tentang bacaan latin dzikir pagi dan artinya beserta keutamaan mengamalkannya. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan Islami yang berkah serta bisa diterapkan dalam rutinitas sehari – hari.