Saturday, May 30, 2020
Home > Lifestyle > Bacaan Doa Niat dan Berbuka Puasa

Bacaan Doa Niat dan Berbuka Puasa

Bacaan Doa Niat dan Berbuka Puasa

Ramadhan menjadi bulan mulia serta penuh berkah yang selalu dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Selain itu, bulan Ramadhan juga selalu disambut gembira oleh seluruh kaum muslimin, tidak terkecuali oleh masyarakat muslim Indonesia. Pada bulan Ramadhan ini Alloh menjanjikan banyak kebaikan dan keberkahan serta pahala yang berlipat lipat bagi bagi mereka yang bisa memanfaatkan dengan baik bulan ini. Sehingga tidak aneh kalau bulan Ramadhan banyak orang yang melakukan berbagai ibadah. Baik itu puasa, tadarus al quran, solat tarawih, sahur, buka puasa, dan lain sebagainya.

Dalam melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, sangat penting bagi anda untuk mengetahui bacaan atau doa niat puasa. Karena bagaimanapun kalau anda akan melakukan ibadah apapun harus diawali dengan niat, termasuk niat puasa di bulan Ramadhan. Niat puasa Ramadhan ini dapat diucapkan dalam hati saja maupun dilafazkan secara lisan.

Bacaan Doa Niat Puasa

Adapun lafaz dan arti doa niat puasa Ramadhan harian (wajib dibaca pada malam hari) sebagai berikut :

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adai fardhi Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala.”

Artinya : Saya berniat puasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa Ramadhan tahun ini semata-semata karena Alloh Ta’ala.”

Bacaan doa niat puasa Ramadhan ini sebaiknya diucapkan setiap malam, atau saat menjelang makan sahur (sebelum masuk waktu sholat subuh). Namun kadang orang bisa saja lupa untuk mengawali niat puasa pada malam hari karena sesuatu hal. Oleh karena itu, ada anjuran dari para ulama supaya membaca niat puasa Ramadhan satu bulan penuh di malam pertama bulan Ramadhan. Jadi, apabila suatu hari selama bulan Ramadhan anda lupa membaca doa niat puasa, maka ibadah puasa yang anda lakukan tetap sah. Adapun lafaz doa niat puasa Ramadhan sebulan penuh adalah sebagai berikut :

“Nawaitu shauma jami’i shahri ramadhan hadzihis sanah taqlidan fardlan lillahi ta’ala.”

Artinya : “Saya niat puasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan ini untuk memenuhi kewajiban karena Alloh Ta’ala.”

Dalam Mazhab Maliki, doa niat puasa Ramadhan sebulan penuh ini dianggap cukup untuk malam-malam Ramadhan berikutnya.

“Disunahkan pada malam pertama bulan Ramadhan untuk niat berpuasa sebulan penuh untuk mengambil memanfaatkan pendapat Imam Malik pada suatu hari yang lupa untuk berniat di dalamnya. Karena beliau menganggap niat tersebut mencukupi bila lupa niat pada malam-malam berikutnya di semua malam Ramadhan.” (Hasyiyah al-Qulyubi).

Sedangkan pada Mazhab Syafi’i (dijelaskan Hasyiyah al-Jamal), doa niat pusa satu bulan penuh ini pada dasarnya hanya sebagai tindakan preventif jika terlupa mengucapkan niat puasa di malam hari. Walaupun demikian, setiap ummat Muslim yang akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramahan harus tetap membaca niat puasa setiap malamnya.

Bacaan Doa Berbuka Puasa

Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa adalah berbuka puasa. Waktu berbuka puasa ini ditandai dengan dikumandangkannya azan Magrib. Adapun bacaan doa berbuka puasa dan artinya :

“Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimin.”

Artinya : “Ya Alloh, karena Mu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepada Mu aku berserah dan dengan rezeki Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, Ya Alloh Tuhan Maha Pengasih.”

Selain doa di atas ada juga doa lainnya yang dianggap lebih shahih haditsnya, sebagai berikut :

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru Insya Alloh.”

Artinya : “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Alloh menghendaki. “ (Hadits Shahih, Riwayat Abu Daud : 2/306, no 2357 dan selainnya; lihat Shahih al-jami’ : 4/209, no 4678).