Friday, April 20, 2018
Home > Health > 6 Obat Asma Medis yang Ampuh Tangani Saat Kambuh

6 Obat Asma Medis yang Ampuh Tangani Saat Kambuh

6 Obat Asma Medis yang Ampuh Tangani Saat Kambuh

Asma merupakan gangguan pernapasan yang sangat mengganggu ketika kambuh. Bagi penderita asma, dianjurkan untuk selalu menyediakan obat yang siap sedia untuk digunakan sewaktu-waktu ketika asma kambuh. Obat asma medis adalah kategori obat yang aman dan ampuh untuk menangani kambuhnya asma. Apa saja obatnya? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Inhaler

Inhaler sangat populer untuk mengatasi asma yang kambuh pada waktu-waktu tertentu yang tak terduga. Inhaler ini mudah dan praktis dibawa ke mana pun, sehingga tergolong fleksibel dan efektif untuk digunakan. Cara penggunaannya juga mudah, yaitu dengan disemprotkan melalui mulut.

  1. Kortikosteroid

Asma kronik kambuhan yang disebabkan oleh reaksi alergi dapat diatasi dengan obat kortikosteroid. Obat ini mampu digunakan hingga berturut-turut sampai 2 minggu lamanya sampai serangan mereda.

  1. Antikolinergik

Obat untuk asma golongan generik ini berfungsi mencegah terjadinya kontraksi otot ketika ada proses penyempitan di saluran pernapasan. Antikolinergik bisa menimbulkan efek samping, di antaranya suhu badan meningkat, mata terasa kering, sakit tenggorokan, dan sebagainya. Untuk itu, penggunaannya harus atas saran dokter.

  1. Spacer

Spacer merupakan suatu alat yang dilengkapi corong penghisap di salah satu bagiannya serta lubang untuk memasang inhaler pada ujung lainnya. Saat bagian inhaler ditekan, obat akan masuk pada bagian spacer, lalu harus dihirup lewat corong spacernya.

  1. Accolate

Accolate tergolong obat medis yang ampuh mencegah serta menangani gejala asma dalam jangka panjang. Obat ini diperuntukkan bagi orang dewasa serta anak-anak berusia 12 tahun ke atas. Obat medis ini tidak diperuntukkan bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

  1. Cromolin dan Nedrocromil

Kedua jenis obat ini sebenarnya lebih berfungsi sebagai obat pencegahan, dibandingkan mengobati serangan atau kambuhnya asma. Akan tetapi, meskipun demikian, obat ini tergolong lebih mahal daripada obat medis lainnya. Obat ini cocok dan aman digunakan untuk anak-anak ataupun orang dewasa

Demikianlah jenis obat asma medis yang ampuh menangani asma yang kambuh. Anda dapat menggunakannya sewaktu-waktu. Saat bepergian, bawa saja obat tersebut agar apabila asma kambuh, Anda dapat menanganinya. Miignon adalah situs dengan info lengkap seputar kesehatan, termasuk penanganan asma. Anda bisa membaca ulasan lebih jauhnya di sana.