Thursday, November 23, 2017
Home > Lifestyle > 6 Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Kucing

6 Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Kucing

Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Kucing

Siapa yang tak senang jika memiliki kucing yang sehat? Kucing yang sehat akan semakin membuat gemas dan menyenangkan saat diajak bermain. Itulah kenapa kalian harus selalu menjaga kesehatan kucing. Namun, ini bukanlah urusan yang mudah.Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk membuat kucing kesayanganmu selalu sehat.Jika kamu masih awam tentang pemeliharaan kucing, jangan khawatir. Kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini.

Kebersihan Kandang Kucing

Cara yang paling mudah dan harus dilakukan adalah memperhatikan kesehatan kandang. Kucing tidak suka dengan tempat yang kotor.Selain itu, kandang yang kotor bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kutu, infeksi virus, bakteri dan lain sebagainya. Untuk itu, bersihkan kandangnya setiap hari agar kucingmu selalu sehat dan merasa nyaman.Bagaimana jika kamu tidak mengurungnya di kandang? Tentu saja kamu harus selalu menjaga kebersihan lingkungan yang digunakan kucing untuk bermain sehari-hari baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. Satu lagi, memberikan tempat tidur yang bersih dan empuk juga termasuk salah satu caramemperhatikan kesehatan kucing.

Mandi Rutin dan Teratur

Seperti kita tau, kucing tidak suka dengan air.Ada yang bilang, kucing takut dengan air.Memang kucing tidak suka jika bulunya terkena air. Namun, jika kamu membiasakan untuk memandikannya, itu akan sangat baik untuk merawat kesehatan kucing. Jika sudah terbiasa, kucing tidak akan ada masalah dengan air. Dengan memandikannya secara rutin dan teratur, maka kucing kesayanganmu akan selalu bersih, bebas dari kutu, terhindar dari jamur, dan lain sebagainya. Seberapa sering kita harus memandikan kucing?Itu tergantung waktu luangmu.Misalnya, kamu bisa memandikannya sehari sekali, atau bahkan sehari 2 kali.Yang pasti, gunakan air bersih dan hati-hati agar bulu tidak rusak.

Pola Makan Kucing

Seperti manusia, kucing juga harus makan teratur. Makan yang teratur akan membuat kucing selalu sehat, tidak kurus, tidak kelebihan berat badan dan lebih cantik bulunya. Jika memang kamu benar-benar menyayangi kucingmu, maka kamu bisa menjaga kesehatan kucing dengan memberinya makanan yang sehat dan teratur.Saat ini, ada banyak sekali makanan kucing yang bisa di beli di pet shop atau pun toko-toko lain yang menjualnya.Idealnya, kucing harus diberi makan 2 kali sehari setiap pagi dan sore.Untuk porsinya, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.Jangan lupa beri minuman yang cukup agar kucing kesayanganmu tidak dehidrasi.

Menjaga Kesehatan Kucing dengan Bermain

Tahukah kalian jika kucing menghabiskan hingga 16 jam sehari untuk tidur? Artinya, waktu bangun kucing hanya setengah dari waktu tidurnya.Wajar jika kita sering melihat kucing tidur di siang bolong.Namun, jangan biarkan kucingmu terlalu malas. Saat kucingmu bangun, ajak dia aktif bermain karena ini akan merangsang kesehatannya juga. Misalnya, kamu bisa mengajaknya jalan-jalan di taman, bermain bola, ataupun yang lainnya. Tapi, jangan sampai kucingmu terlalu capek karena kucing akan butuh waktu lama untuk memulihkan tenaganya. Jika kamu tidak punya waktu banyak untuk bermain dengan kucing, berikan dia teman untuk bermain agar tidak kesepian dan lebih betah.

Menjaga Kesehatan Kucing dengan Vaksinasi

Saat usia masih kecil, kucing harus diberi vaksin, apalagi jika anak kucing itu ditinggal pergi induknya atau induknya meninggal. Vaksinasi sangat penting untuk kucing berusia dari 6 hingga 12 bulan.Dengan suntik vaksin, penyakit pernafasan dan lainnya bisa dicegah.Untuk perlindungan maksimal, vaksinasi tahunan sangat berguna agar kucing selalu sehat terus menerus. Yang jelas, vaksinasi merupakan salah satu cara terbaik melindungi kesehatan kucing.

Periksa Kesehatan ke Doker Hewan Secara Rutin

Pecinta kucing sejati akan melakukan apa saja agar kucing kesayangannya selalu sehat. Jika kamu juga termasuk pecinta kucing sejati, jangan terlalu pelit untuk membawa kucing kesayanganmu periksa kesehatan ke dokter.Hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatannya.Jadi, jika ada masalah kesehatan, bisa langsung ditangani.Mudah-mudahan cara-cara di atas bisa membantumu dalam menjaga kesehatan kucing kepunyaanmu.