Thursday, November 23, 2017
Home > Lifestyle > 5 Tips Meminimalisir Biaya Modal untuk Pebisnis Online Pemula

5 Tips Meminimalisir Biaya Modal untuk Pebisnis Online Pemula

5 Tips Meminimalisir Biaya Modal untuk Pebisnis Online Pemula

Berbagai macam kemudahan dalam pendaftaran agen bisnis online menjadi salah satu magnet yang membuat orang tertarik untuk menggelutinya. Namun setiap bisnis, semurah dan seminim apapun itu, pasti tetap membutuhkan modal untuk memulainya. Nah, untuk meminimalisir modal yang akan dikeluarkan, Anda bisa mempertimbangkan 5 tips berikut.

  1. Menggunakan Peralatan Second

Anda pernah melihat karyawan counter hp/pulsa mengisikan pulsa elektronik ke pembeli? Jika Anda pernah mengamatinya di banyak counter, pasti Anda bisa melihat spesifikasi handphone yang digunakan mereka. Mereka menggunakan handphone berbeda dari yang biasa digunakan sehari-hari bukan?

Nah, untuk memulai bisnis online pun Anda bisa membeli PC/komputer/laptop dan printer second. Tidak perlu memilih gawai yang memiliki spesifikasi canggih, karena yang terpenting adalah sistem software-nya masih berjalan dengan baik dan terhubung dengan jaringan internet yang stabil untuk mendukung bisnis Anda.

  1. Memilih Deposit dengan Nominal Termurah

Takut rugi tetap menjadi momok menakutkan bagi sebagian pebisnis pemula. Nah, Anda bisa saja meniru tips ini jika masih ragu dengan prospek cerah yang ditawarkan oleh bisnis online. Seleksi beberapa distributor atau loket aplikasi PPOB yang menawarkan variasi nominal deposit, kemudian pilih yang nominal minimalnya paling murah.

  1. Mengerahkan Anggota Keluarga

Bisnis awal dengan modal atau deposit minim biasanya tidak memerlukan karyawan khusus. Anda bisa memberdayakan keluarga untuk membantu bisnis online yang Anda jalankan. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran dan mengalokasikanya untuk menambah saldo di rekening virtual Anda.

  1. Minimalkan Biaya Operasional

Biaya operasional yang mencakup biaya perjalanan pulang pergi menuju bank yang letaknya jauh dari rumah sebenarnya dapat menyiasatinya dengan mengisi deposit dalam jumlah besar. Tapi untuk meminimalisir pengeluaran modal, Anda bisa meminimalkan biaya operasional ini dengan cara memasang aplikasi ATM Banking atau internet banking di handphone Anda.

  1. Menjadikan Rumah sebagai Tempat Bisnis

Sebagai permulaan, Anda bisa menggunakan tempat tinggal Anda sebagai ruko atau rumah sekaligus tempat memulai bisnis. Kondisikan sebagian ruang tamu atau warung yang Anda miliki untuk tempat meja kerja. Tidak perlu luas, Anda hanya perlu spot untuk meletakkan meja yang di atasnya mampu memuat PC, printer, dan modem.

Jika sudah maju, Anda bisa memilih tempat yang lebih strategis untuk melebarkan sayap bisnis online ini. Anda bisa pertimbangkan untuk mulai menyewa tempat, meningkatkan deposit, sampai mempekerjakan karyawan.

Lima tips meminimalisir biaya modal awal bagi pebisnis online pemula tersebut harus didukung oleh cara pendaftaran agen yang persyaratan daftarnya mudah dan murah, bahkan gratis. KUDO merupakan pilihan tepat karena memenuhi kriteria tersebut. Dengan demikian, anggapan ‘bisnis selalu butuh modal besar’ bisa menghilang secara perlahan.