Friday, August 7, 2020
Home > Health > 5 Tanda Si Kecil Sudah Siap Menjalani Toilet Training

5 Tanda Si Kecil Sudah Siap Menjalani Toilet Training

Tanda Si Kecil Sudah Siap Menjalani Toilet Training

Tidak selamanya anak Anda terus menggunakan diapers. Jika selama ini Anda rajin berburu promo Drypers lagi, nanti akan tiba waktunya anak harus berhenti dari penggunaan diapers.  Untuk bisa mencapai hal tersebut, Anda sebagai orangtua perlu mengajarkan toilet training kepada si kecil. Apa itu toilet training?

Toilet training merupakan sebuah proses ketika anak belajar buang air besar atau buang air kecil di toilet. Ini juga merupakan proses yang dibutuhkan agar anak bisa lepas dari pemakaian popok. Umumnya, toilet training diajarkan kepada anak mulai usia 18-24 bulan. Karena semua anak itu tidak sama, tidak semua anak bisa diajarkan toilet training pada umur tersebut. Orangtua perlu mengetahui kesiapan anak untuk diajari hal ini.

Kapan Anak Siap Menjalani Toilet Training?

Kesiapan anak untuk menerima toilet training bisa diketahui dari tanda-tanda berikut :

  • Tidur tanpa mengompol

Yang pertama, anak sudah bisa tidur tanpa mengompol. Popok yang dipakainya masih tetap kering hingga dia bangun. Ini berarti anak sudah siap untuk diajari toilet training karena anak sudah mampu mengontrol kandung kemihnya.

  • Jam buang air bisa diprediksi

Yang kedua, orangtua bisa memprediksi jam buang air si kecil, baik itu buang air besar ataupun buang air kecil. Anda sebagai orangtua bisa mengatur jam-jam tertentu untuk buang air kecil, misalnya pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

  • Anak menunjukkan tanda ingin buang air

Yang ketiga, anak mulai menunjukkan tanda ketika ingin buang air. Anak sudah mulai merasa tidak nyaman ketika harus buang air di popok atau di celana sehingga dia menunjukkan tanda-tanda ingin buang air. Tanda tersebut misalnya si kecil terus memegang celananya, mengatakan mau pipis atau mau pup, atau menunjukkan ekspresi sedang mengejan.

Kalau sudah begini, berarti orangtua sudah bisa mulai mengurangi intensitas mencari promo Drypers karena si kecil sudah tidak membutuhkannya lagi.

  • Anak sudah mengerti instruksi

Yang keempat, anak sudah mulai mengerti instruksi apapun. Jika anak sudah bisa mengikuti instruksi untuk mengambil mainan atau membuang sampah, berarti si kecil sudah siap juga untuk mengikuti serangkaian instruksi sebelum buang air.

  • Anak bisa membuka pakaiannya sendiri

Yang kelima, Anda sudah bisa membuka pakaiannya sendiri. Anak sudah mulai menurunkan celana atau rok yang dipakainya sebelum buang air dan mengangkatnya ketika sedang buang air agar tidak basah.

Nah, itulah 5 tanda si kecil sudah siap untuk menjalani toilet training. Tidak perlu dipaksa dan tidak perlu terburu-buru. Setiap anak adalah anak yang spesial. Tugas Anda sebagai orangtua adalah mengajarinya dengan baik sampai anak bisa benar-benar lepas dari pemakaian popok. Sampai waktu itu tiba, Anda bisa menghemat pengeluaran karena tidak harus rutin menunggu promo Drypers.