Sunday, June 13, 2021
Home > Lifestyle > 5 Alasan Kenapa Anda Harus Minum Kopi Hitam

5 Alasan Kenapa Anda Harus Minum Kopi Hitam

5 Alasan Kenapa Anda Harus Minum Kopi Hitam

Kopi merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terkena beberapa penyakit serius. Berikut ini lima alasan kenapa Anda harus meminum kopi hitam.

1. Menyehatkan Fungsi Organ Hati

Berbeda dengan meminum alkohol, ternyata meminum kopi setiap hari dapat membuat organ hati Anda bekerja lebih baik. Orang yang minum 3 cangkir kopi atau lebih sehari telah terbukti memiliki resiko 80 persen lebih rendah terkena sirosis hati. Selain itu, dengan mengonsumsi dalam jumlah yang sama, resiko terkena kanker hati menjadi 40 persen lebih rendah.

2. Membuat Anda Lebih Pintar

Kafein yang terkandung dalam kopi, adalah stimulan psikoaktif. Saat Anda minum kopi, kafein akan masuk ke saluran pencernaan dan kemudian masuk ke aliran darah. dan terakhir ke otak (proses ini memakan waktu sekitar 30-45 menit). Dan ketika kafein berada di otak, ia akan memblokir salah satu penghambat neurotransmitter di otak, adenosin.

Hal ini akan membuat peningkatan neurotransmiter lain (norepinefrin dan dopamin) dan menyebabkan otak membakar neuron lebih cepat. Semua bahan kimia dan neuron ini bersatu untuk meningkatkan suasana hati, energi, memori, daya tanggap, dan kognisi keseluruhan di otak kita. Karena itu, saat Anda minum kopi, konsentrasi Anda akan meningkat.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan? Jika iya, coba kopi. Ternyata kafein yang terkandung dalam kopi merupakan zat yang dapat membakar lemak, yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Namun bukan berarti Anda hanya minum kopi saja, berat badan Anda akan langsung turun. Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan yang sehat. Tapi setidaknya minum kopi hitam akan membantu menurunkan berat badan. Ingat, yang efektif adalah kopi hitam murni tanpa susu dan gula. Bukan kopi susu modern atau es kopi.

4. Mengurangi Depresi dan Lebih Bahagia

Ingat, kopi murni mengandung banyak kafein, dan kafein akan meningkatkan kadar dopamin di otak. Dopamin umumnya dikenal sebagai “bahan kimia kebahagiaan”. Jadi masuk akal jika ANda makan sesuatu yang bisa meningkatkan dopamin, itu akan membuat Anda bahagia, dan tidak depresi.

Orang yang minum tiga cangkir kopi atau lebih memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil untuk mengalami depresi dan 50 persen lebih kecil kemungkinannya untuk bunuh diri. Memang, minum kopi murni menyelamatkan nyawa. Jadi ketika Anda bertemu dengan teman yang depresi, ajak mereka untuk minum kopi murni.

5. Membuat Orang Lebih Tenang

Tidak hanya meminum kopi, hanya dengan mencium aroma biji kopi saja sudah memiliki efek yang menenangkan. Apakah ini benar? Faktanya, kopi mengubah komposisi protein otak yang dikaitkan dengan stres akibat kurang tidur.

Itu dia lima alasan kenapa Anda harus minum kopi hitam. Selain kelima alasan tersebut, masih ada segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan dari meminum secangkir kopi murni tanpa gula di pagi hari maupun disaat Anda sedang bekerja.