Thursday, November 26, 2020
Home > Others > 4 Tips Sederhana Merawat Mobil Diesel Supaya Awet

4 Tips Sederhana Merawat Mobil Diesel Supaya Awet

4 Tips Sederhana Merawat Mobil Diesel Supaya Awet

Buat anda yang sekarang memiliki mobil dengan mesin diesel dan sering mengalami masalah pada bagian mesin mungkin anda harus baca artikel ini sampai habis.

Karena sejatinya merawat mesin mobil diesel ini bisa dikatakan susah susah gampang dan dari sisi perawatan sendiri tidak begitu malah sebenarnya asalkan anda tahu bagaimana trik dan cara rahasia dalam perawatan dengan sistem terbaik dan aman.

Ok berikut beberapa point penting yang bisa anda jadikan patokan dalam perawatan mobil diesel ini.

  1. Perhatikan beberapa saringan yang ada pada mobil

Ada beberapa jenis saringan yang harus mendapatkan perhatian lebih antara lain yang pertama adalah saringan udara dimana ini haruslah anda jaga kebersihanya jangan sampai terlalu kotor.

Bagaiamana cara mengetahui saringan udara sudah siap dibersihkan atau diganti sederhana saja, indikasinya bisa anda perhatikan ketika menghidupkan atau mobil sudah jalan dimana asap yang keluar dari crobong knalpot akan berwarna hitam pekat.

Kondisi ini terkadang kalau dibiarkan berlarur-larut akan berdampak pada performa mobil secara serius dimana tenaga akan melemah. Perlu anda ketahui juga jika ingin mencari aman tidak hanya membersihkan juga usahakan ganti saringan udaranya ketika perjalanan sudah mencapai jarak tempuh per 10.000 kilometer.

Belum selesai, ada satu lagi saringan yang harus anda perhatikan yakni saringan pada solar. Pada bagian ini akan memiliki fungsi sebagai filter pada bahan bakar dan anda usahakan selalu cek jangan sampai kotor kalau kotor akan bedampak pada aliran bahan bakar yang menuju injektor akan tersendat.

Pada beberapa kasus, biasanya ketika anda ganti oli dibengkel akan ditanyakan juga masalah ini. Boleh jadi anda langsung saja minta tune up untuk mendapatkan perawatan yang maksimal karena saringan solar juga sebenarnya perlu diganti per jarak tempuh sekitar 5000 kilometer.

Jangan lupa panasin mesin beberapa menit setiap ingin menggunakan mobil cukup 1 sampai 3 menit saja sudah cukup jangan kelamaan.

  1. Perhatikan ritme penginjakan pedal

Percaya tidak percaya pada banyak kasus memang dalam hal perawatan mobil diesel ini ketika anda menginjak gas harus santai dan rasakan perlahan jangan langsung di tancap dengan tekanan tinggi.

Sederhananya anda bisa melihat pada perubahan di jarum red linenya jika sudah sampai maka anda bisa lansgung pindah gigi dan tancap ini membutuhkan jam terbang memang untuk memberikan sentuhan lebih responsif.

  1. Perhatikan kualitas solar untuk menghindari overheating

Kondisi overheating memang akan sangat rentan pada semua jenis mobil termasuk diesel juga. Jika sudah begini anda tentu saja akan melakukan proses tune up mobil atau dampak terburuk turun mesin.

Pada beberapa kasus kerusakan yang berujung overheating pada mobil diesel ini salah satu penyebanya adalah kualitas solar yang digunakan sudha tidak aman dan terkontaminasi dengan minyak tanah.

Bagaimana cara mengetahuinya, susah memang namun bisa anda cek kualitas solar pada pom bensin langganana anda dengan menggunakan alat yang namanya thermohydrometer.

Anda bisa membeli alat ini di online sangat banyak harganya juga murah kisaran 50 ribuan saja. Cara menggunakanya juga simple, siapkan solar di satu wadah kemudian masukan alat thermohydrometernya.

Biarkan saja beberapa detik alat akan mengapung dan mengeluarkan angka angka yang nantinya bisa anda baca hasilnya apakah solar yang anda gunakan selama ini masih murni atau sudah dicampur.

Sedikit panduan saja, kami berikan kepada anda dalam membaca thermohydrometer ini dimana angka 24 artinya paling rendah kemudian 41 paling tinggi.

Jika anda masukan thermohydrometer kemudian muncil angka 25 kualitasnya masih sangat bagus dan sebaliknya semakin besar akan memberikan indikasi sudah tidak alami lagi apalagi kalau sampai thermohydrometer tenggelam dan menunjukan angka 40 misalkan bisa dipastikan sebagian besar itu minyak tanah bukan solar maka anda harus wasapadai.

  1. Perawatan lainya yang tidak kalah penting pada Mobil Diesel

Membersihkan sela sela pada bagian mesin menggunakan koas. Saran saya jangan gunakan bensin lebih baik gunakan cairan khusus mesin, atau kalau mau irit anda bisa gunakan minyak tanah.

Menggunakan bensin sebenarnya tidak salah, namun menghindari dari kelalaian karena pada koas ada bahan plat sengnya biasanya dan kalau terkena mesin dalam kondisi panas ditakutkan akan terbakar kalau menggunakan bensin.

Kemudian anda juga bisa melakukan perawatan pada beberapa suku cadang hasil bongkaran ketika anda mengganti di bengkel. Baiknya anda bungkus plastik semuanya kemudian simpan ditempat yang aman kalau dibiarkan geletak akan berkarat dan tidak bisa anda fungsikan lagi.