Wednesday, December 8, 2021
Home > Others > 4 Pilihan Mesin Kopi Manual yang Bisa Dibawa Traveling

4 Pilihan Mesin Kopi Manual yang Bisa Dibawa Traveling

4 Pilihan Mesin Kopi Manual yang Bisa Dibawa Traveling

Bisa menikmati kopi buatan sendiri saat traveling pasti akan sangat menyenangkan. Pengalaman traveling jadi tak terlupakan hanya dengan membawa biji kopi terbaik dan alat membuatnya. Pilihan mesin kopi manual saat ini juga semakin beragam dan sangat mendukung untuk dibawa berpergian.

Mesin Kopi untuk Traveling

Alat pembuat kopi kini didesain semakin sederhana namun tetap efektif untuk menghasilkan kopi yang enak. Mesin kopi bisa dioperasikan manual tanpa sumber listrik sehingga cocok dibawa saat berpergian. Berikut adalah beberapa jenis pilihan mesin pembuat kopi manual yang bisa dibawa traveling.

1.     French Press

Mesin pembuat kopi ini tergolong praktis untuk dioperasikan, bahkan oleh Anda yang masih pemula. Alat ini juga punya desain yang sangat simpel dan ukurannya juga tidak besar jadi bisa diajak traveling. Berbentuk seperti teko, French Press memiliki saringan logam dengan tuas yang bisa ditekan. Anda cukup menyeduh kopi di dalam alat ini lalu tekan bagian tuas press-nya dan kopi bisa tersaring optimal.

2.     Moka Pot

Jika Anda bepergian ke tempat yang mudah mendapatkan sumber api atau bahkan tersedia kompor, maka bisa membawa moka pot. Alat pembuat kopi ini harus dipanaskan dulu di atas api. Bubuk kopi dimasukkan ke bagian tengah pot kemudian air diisikan di bagian bawah kopi. Saat mendidih, uap air akan menekan bubuk kopi dan akhirnya kopi menyerap air lalu siap untuk dinikmati.

Jenis alat ini tidak harus selalu dioperasikan di atas kompor. Asalkan ada sumber api maka Anda bisa membuat kopi dengan mesin manual ini. Tak heran jika banyak orang yang memilih membawa alat ini saat pergi camping di alam terbuka.

3.     V60

Pilihan mesin kopi manual berikutnya yang juga cocok dibawa traveling adalah V60. Sesuai namanya, alat ini berupa cangkir yang menyerupai huruf V dengan lubang di bagian dasarnya.

Metode pembuatan kopi memakai V60 ini sangat mudah. Anda bisa meletakkan kertas saring di atas alat lalu letakkan bubuk kopi dan seduh. Kopi yang tersaring akan mengalir masuk ke gelas saji yang ada di bawah alat.

4.     Aeropress

Pilihan alat pembuat kopi berikutnya yang juga bisa masuk ke tas traveling Anda adalah aeropress. Alat ini berbentuk menyerupai suntikan dengan ukuran besar. Teknik penggunaannya hampir sama seperti french press yaitu dengan menekan tuas yang sudah tersedia.

Anda bisa memasukkan bubuk kopi terlebih dahulu di dalam tabung. Tekan bagian tuas untuk memaksa air panas keluar melalui serbuk kopi. Biji kopi yang terlewati oleh air panas akan tersaring dan menghasilkan minuman kopi yang nikmat.

Itulah 4 pilihan mesin kopi manual yang cocok dibawa traveling. Jangan lupa bawa juga biji kopi favorit untuk dinikmati saat berpergian. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan alat dan membuang ampas kopi segera agar tidak menimbulkan bekas kotoran membandel.