Tuesday, November 19, 2019
Home > Health > 4 Obat Flu untuk Ibu Hamil Berbahan Alami Tanpa Efek Samping

4 Obat Flu untuk Ibu Hamil Berbahan Alami Tanpa Efek Samping

Obat Flu untuk Ibu Hamil Berbahan Alami Tanpa Efek Samping

Banyak hal yang harus deperhatikan sebelum memberi obat flu untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan setiap obat yang diberikan tidak hanya mempengaruhi kondisi sang ibu, tapi juga janin yang dikandungnya. Saat ini, obat flu paling aman untuk diberikan adalah yang berbahan dasar alami dan minim efek samping. Contohnya yaitu sebagai berikut.

  1. Asupan Cairan

Air putih cukup efektif mengatasi dehidrasi yang sering ditimbulkan akibat flu, apalagi jika dialami oleh ibu hamil. Anda tentu paham jika air putih ini tidak hanya dianjurkan untuk diminum setiap hari minimal 8 gelas. Nah, mengingat banyaknya cairan yang ke luar, baik itu daam bentuk keringat, urine, sampai dahak dan lendir, perlu ada penggantinya.

Selain air putih, Anda bisa menggantinya dengan air kelapa atau minuman lain yang mengandung elektrolit khusus. Dehidrasi saat flu juga bisa dicegah dengan limun alami, the herbal, sop atau kaldu tulang, dan buah-buahan yang kandungan airnya cukup banyak. Cairan yang harus dihindari ibu hamil adalah minuman berkafein karena justru memicu dehidrasi.

  1. Jeruk

Berbagai macam jeruk sudah lama dikenal sebagai obat batuk alami paling efektif. Tapi, bukan hanya batuk, jeruk juga bisa digunakan untuk mengobati flu. Contoh jeruk yang paling banyak dipilih dan mudah didapat adalah jeruk nipis dan lemon.

Kandungan vitamin C dalam jeruk juga bisa meningkatkan sistem imun, terutama pada ibu hamil yang daya tahan tubuhnya melemah selama hamil. Anda bisa pilih untuk mengonsumsi secara langsung buahnya yang segar atau dikonsumsi air perasannya saja.

  1. Uap Air atau Balsem

Obat flu untuk ibu hamil yang satu inilah yang paling sederhana dan masih berhubungan dengan poin 1. Uap air panas yang baru mendidih sudah lama dipercaya sebagai Pereda hidung tersumbat. Jadi, jauh sebelum balsam ditemukan, orang-orang menggunakan uap air untuk mengatasi penyakit flu. Sistem pernapasan ibu hamil pun bisa kembali normal.

Obat ini dijamin alami dan tanpa efek samping sama sekali. Saat menggunakan obat alami ini, sebaiknya lindungi bagian kepala dengan handuk dan berhenti menguapi hidung jika dirasa terlalu panas untuk wajah. Sistem kerjanya tidak jauh berbeda dengan mendekatkan wadah balsam ke hidung atau mengoleskannya sedikit di bawah hidung.

  1. Air Garam

Kali ini, air yang diperlukan juga tidak digunakan sebagai minuman. Anda hanya perlu menjadikannya obat kumur karena air garam efektif mengencerkan lendir yang terperangkap di tenggorokan. Air yang digunakan untuk melarutkan garam adalah air putih hangat.

Memilih obat flu untuk ibu hamil memang harus selektif, meski sebenarnya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Penyebabnya adalah infeksi virus penyebab flu ini bersifat ‘self-limiting’ dan bisa dilawan dengan cara meningkatkan sistem imun pada ibu hamil.