Wednesday, December 8, 2021
Home > Health > 4 Cara Atasi Penyakit Rabun Jauh yang Paling Sering Dilakukan

4 Cara Atasi Penyakit Rabun Jauh yang Paling Sering Dilakukan

4 Cara Atasi Penyakit Rabun Jauh yang Paling Sering Dilakukan

Rabun jauh atau dikenal juga dengan istilah miopi merupakan sebuah gangguan pada penglihatan mata yang mengakibatkan obyek yang berada jauh dari pandangan terlihat buram atau tak jelas, tapi tak ada masalah untuk memandang obyek yang dekat. Ada berbagai cara mengurangi mata minus yang biasa dilakukan untuk mengatasi hal ini, mulai dari cara mudah dan alami sampai dengan langkah operasi mata.

Cara Atasi Rabun Jauh

Mengatasi rabun jauh memang terbilang susah dan memerlukan kesabaran yang lebih dalam proses penyembuhan itu sendiri. Karena memakan waktu yang lama dan harus dilakukan secara rutin pula.

Bahkan tak jarang banyak orang yang memilih untuk menyerah dalam mengobatinya dan membiarkan kondisi rabun yang telah ada dan membuat keadaan mata bertambah parah. Apabila Anda tidak ingin mengalaminya, cobalah beberapa cara untuk mengatasi rabun jauh berikut ini:

1.     Menggunakan Kacamata

Pilihan pertama yang biasa dilakukan para penderita rabun jauh ialah menggunakan kacamata. Hampir semua orang yang bermata rabun memiliki kacamata dengan tingkatannya masing-masing.

Namun, bagi Anda yang tak ingin menggunakan kacamata maka bisa memilih untuk menggunakan lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan kondisi mata. Anda harus memperhatikan kebersihan mata saat menggunakannya.

2.     Operasi Refraksi

Langkah lain yang biasa dilakukan sebagai cara mengurangi mata minus ialah dengan melakukan operasi refraksi. Operasi refraksi sendiri merupakan sebuah tindakan operasi yang berguna untuk mengatasi masalah kondisi ketajaman penglihatan mata atau kelainan refraksi lainnya dengan cara memperbaiki struktur pada kornea mata. Biaya untuk operasi ini tergolong mahal yaitu berkisar dari harga 10 hingga 25 juta.

3.     Ortho-K

Ortho-K atau dikenal juga dengan ortokeratologi merupakan prosedur pencangkokan sebuah lensa kontak yang telah didesain beragam dan khusus sesuai dengan kondisi mata pasien. Selain berguna untuk memperbaiki kondisi penglihatan buram pemilik rabun jauh, operasi satu ini juga berguna dan ditujukan untuk para pasien penderita penyakit katarak. Biaya dari operasi ini sendiri cukup mahal yaitu mulai dari 17 juta.

4.     Gunakan Obat Tetes Mata

Cara mudah untuk mengatasi rabun jauh yang bisa Anda lakukan selanjutnya ialah dengan rutin menggunakan obat tetes mata. Penggunaan obat tetes mata sendiri dinilai cukup efektif untuk mencegah rabun jauh berkembang semakin parah pada remaja dan anak-anak. Sehingga Anda tak perlu takut untuk menggunakan obat tetes mata. Pastikan untuk menggunakan obat rutin sesuai aturan pakai.

Itulah beberapa cara mengurangi mata minus atau rabun jauh yang bisa dicoba agar bisa menyembuhkan kondisi pandangan buram pada mata Anda. Selain itu Anda juga harus mulai memperbaiki kebiasaan yang membuat mata semakin rabun dan rutin mengonsumsi makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata.